ngASI Sambil Kerja

Emang jadi ibu tuh ga gampang ya, ga ada sekolahnya :o. Jadi ya harus pinter2 sendiri cari ilmu sana-sini, spy bisa jd yg terbaik buat anak 🙂 .Pernah baca jg di suatu artikel, bahwa jd ibu itu sebenernya dunia pertarungan yg semu, mulai dari normal vs sesar vs ILA vs waterbirth vs hynobirth (hehe banyak ya), asi vs formula, clodi vs pospak, working mom vs full time mom, titip anak ke asisten vs titipin nenek, dll dst dsb….

Yg paling penting ya menghormati masing-masing pilihan org, yg kadang2 emg susah krn kita pasti cenderung membela apa yg kita pilih utk mengasuh anak kita.  Dulu sih, paling sensi sama pembahasan working mom vs full time mom bisa jd uring2an karenaa sbg ibu jg pasti maunya ya di rumah, ngasuh anak, tdr siang ama anak, dll tapii ya namanya hidup kan pilihan (gaya ah) jd ya mau-gak-mau nikmatin aja & msh bersyukur sama semua yg uda didapet.

Weh, kok malah curhat..back to topic! Di topik ini sih mudah2an ga ada “pertandingan” asi vs formula ya. Tapi mudah2an berguna aja sama calon ibu/ibu yg emg mau&mampu ng-ASI-in anaknya.

Pertama kali anakku lahir, abis diazanin&dibersihin dikit (krn msh ada bau2 asli dr dlm perut hehe tp enak aja kok :)), langsung ditempelin ke dada (IMD). Tapi sayang, si rafan merem alias tidur Zzzzz..capek kali abis dilahirin 🙂 . Jam 1 dilahirin, jam 5 baru nangis trus langsung dikasih ASI. Pertama kali nyusuin, grogi, pegel& ampe keringetan gitu saking badan masih “kaku” hehe..dibantu Ibuku, Bude Asty & disemangatin kk iya & mas bepi, alhamdulillah ASI pertama kali lancar..

Selama cuti melahirkan..alhamdulillah teruss lancar ngASInya..tapi sempet pasrah jg, gimana nih caranya mompa di kantor klo butuh waktu lama ini..Dulu awal2 beli pompa elektrik tp yg murah 300ribuan (lupa merknya), tp ga gitu banyak yg keluar ASInya..trus krn pengalaman waktu di RS sempet nyobain medela tapi yg double gitu harga 2jutaan o_O enakk banget krn sebelum mompa dia mijet2 pelan gitu dulu..krn ga sanggup beli yg harga 2 juta (dan gede banget juga kan itu alat, ga mungkin dibawa ke kantor), akhirnya pake yg 700ribuan, itupun dpt dr kado hehe. Ternyata medela mini electric yg kupunya ga se-yahud yg 2jutaan (ya iyalah). Uda gitu pernah saking semangatnya, speednya dikencengin ampe maximum, trus malah bikin PD ku berdarah hix hix sakiit..

Ini nih klo ga salah yg pernah saya coba di RS. 2 juta-an bok o_O Gambar dari : http://3.bp.blogspot.com

Nah ini medela mini electric yg pernah saya pake, sampe berdarah-darah (terlalu napsu :p) Gambar dari : http://bestbreastpumpreviewsguide.com

 

 

 

 

 

 

 

 

Sampe akhirnya dapet pencerahan dari sodara yg juga ibu bekerja (thx to mba yusnita :)), nyaranin mompa pake tangan pake metode mermet. Trus dia ngasi banyak artikel, aku jg cari2 videonya di youtube&googling2 juga, akhirnya bisa pelan2 mraktekin LDR (Let Down Reflex) dan emang lebih cepet, praktis&banyak keluarnya dgn mompa pake tangan. Dari beberapa metode LDR yg disaranin aku cocok dgn ditoel2 gitu ujungnya & ga pake ngobrol/dgn musik/ngeliatin foto anak, alhamd diksh cara yg cepet. Itu aja uda bolak-balik di telponin bos ..hoho. Tapi, ada jg temen sekantor dulu yg make pompa manual&dia jg bisa lebih banyak bawa pulang ASIp daripada aku. Jadi emang cocok2an sih, pake metode yg mana. Kebetulan klo di kantor dulu beda lantai sama pantry nya. Jd ga mungkin bolak-balik ngerebus pompa sebelum dipake , bisa dipecat jg kali klo kelamaan mompa..hehehe

Botol yg saya pake untuk nampung ASIp (ASI perahan)
Gambar dari : http://2.bp.blogspot.com

Sampe Rafan umur 1 tahun aku masih mompa, walopun frekuensinya setelah Rafan 6 bulan pun uda berkurang jadi Cuma 1x sehari. Sebelum 6 bulan harus 3x sehari karena anak masih ASI ekslusif kan. Pas Rafan uda 1 tahun langsung aku kasih UHT Ultra plain. Itu juga saran dari mba yusnita, krn katanya itu paling mirip rasanya dgn ASI. Sampe sekarang pun Rafan masih pake UHT aja, Cuma gara2 dulu pas ngerayu nyapih ditawarin yg coklat, ampe sekarang jadi doyannya yg coklat/stroberi aja, yg plain uda ga kesentuh 🙂

IMG-20131229-WA0004

Rafan (2 tahun 9 bulan) bersama kk dinda

Sekian berbagi ilmu ngASInya..smg bermanfaat

Advertisements

4 thoughts on “ngASI Sambil Kerja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s