Skincare yang bener2 CARE

Hai Hoi..

Sebagai lulusan kimia (walopun ilmunya uda banyak yang ‘ngacir’, hehehehe :p) dari dulu juga “ngeh” klo bahan2 kimia buatan yg efeknya macem2 itu kita pake sehari2, terutama untuk produk2 instan yg jaman sekarang pasti dipake dr mulai bayi baru lahir ampe kakek nenek. Klo makanan instan masih lebih mudah lah ya dihindari, dibanding produk2 cair pembersih rumah tangga & pembersih diri juga (alias kosmetik/skincare). Tapi, apa mungkin kita misalnya tiap pagi maskeran/pake pelembab dari madu+susu+buah, trus bersih2 badan pake daun sirih misalnya, hohoho. Rasanya susah bgt ya, jadilah kita pake tu produk dari mulai bayi (minyak telon, bedak, sabun, shampo) sampe sekarang (apalagi cewe’ ya tambahannya bejibun ; mascara, lisptik dll dll).

Gambar diambil dari : http://satvikshop.com

Saya pun yg “ngeh” ttg bahayanya bhn2 kimia buatan itu, mau ga mau ya make drpd muka kering, kusam, ga wangi. hehe. Plus, ditambah saya juga divonis “alergi deterjen” ama dokter kulit sejak SMA dulu.huuhuu antara sedih (krn kok segitunya c ampe cuma boleh pake sabun bayi aja) plus seneng (yess, ga perlu nyuci2 prg dll lagi dong buahahaha). Dulu c ni penyakit berasa aneh aja krn jarang deh org yg alergi detejen (bak nyonya besar ajaaa :o). Ehh,, seiring waktu mungkin krn semakin “keras”nya dunia persabunan, nemu aja tuh temen yg alergi detergen juga ampe kulit tangannya pada kering keriput kaya yg dulu saya alami.

This is exactly the same picture of my ‘horrible’ hands when I did too many cuci piring bueheheh 😛
Gambar diambil dari : http://www.klikdokter.com

Selain kulit tangan yg bakal gatel, merah, keriput&kering klo kena detergen, bibir saya juga sempet berkelana dari mulai nive*, w*rdah, *riflame, sampe b*dysh*p sekalipun ga bisa bikin bibir ini lembut sentosa 🙂 hehe. Sampe nemu v*sel*ne pure petroleum jelly yg akhirnya bener2 bisa cucookk ama ni bibir. Ini juga dipake utk siku, tangan, dll yg terasa kering.

Gambar diambil dari : http://feleciaroselabs.com

Untuk krim2an juga krn saya ga suka ribet (dan mikirnya pake krim malem anti agingnya nanti aja klo uda umur 30) jadi cuma pake facial wash&moisturizer aja. Uda coba berapa merk, akhirnya yg paling cocok itu Olay. Tapiii…suatu hari kena ‘racun’ dari mak sekar buat make *tud*e House dannn dia nemu web yg jual dgn harga jauhhh lbh murah dr harga counter (teteppp ya pengiritian is a must! :p).

Tapii lagi…krn saya muslim, mikir jg itu produk halal ga ya? Eitss sebelum ke produk baru yg mau dibeli, cari tau dulu dong produk yg selama ini dipake. Ehhhh nemu web ini www.muslimconsumergroup.com dimana mereka2 itu menginvestigasi produk2 yg belum ada label halalnya dgn mengirim email ke Customer Representative nya. Nah, untuk produk yg saya pake,, haduuuuuuu ternyata jelas bgt mengandung pork. Mungkin klo facial wash mah ga nyerep2 amat ke kulita ya, tp klo moisturizer kan emg fungsinya melembabkan kulit jd pasti nyerepp..Yaa gpp lah kan baru taunya sekarang. Jadilah produk lama harus dianggurin…dannnn bingung keesokan hari mau bersihin muka pake apa 😮

Gambar diambil dari : http://islamicartdb.com

Langsung deh browsing produk apa aja sih yg uda halal. Eh ternyata , selain W*rd*h yg org rata2 uda tau kehalalannya, uda banyak loh kosmetik/skincare yg uda halal, kebanyakan produk Indonesia kaya grupnya M*rtha til**r, R*str*, dll yg keliatannya msh blm seterkenal produk2 tadi.

Krn uda pernah nyoba S*r*ayu jaman SMA dulu dan hasilnya kurang cocok (dari SMA kulit uda cenderung kering), akhirnya nyoba lah R*str*. Dulu sih mikirnya R*str* perasaan lbh fokus ke yg buat jerawatan. Tapi pas buka web nya ternyata skrg uda banyak jg macem anti aging dll nya. Mikirnya, krn empunya dokter kulit pasti lbh bagus dong ya ramuannya. Langsung deh ke konter R*str* di MM & ditawarin produk yg paling tinggi levelnya , merknya “Pl*t*n*m”. Krn lbh ringkes drpd saya harus pake day krim, sun krim, anti aging, anti wrinkle, welehhhh keburu telat berangkat kerja. Tanpa pikir panjang (krn diakhir cerita nyesel) beli deh day krim nya, ama bedaknya (untungnya Cuma bedak isi ulang yg merk R*stra tp bukan Pl*t*num). Dipake sehari dua hari sih gpp. Hari ke-3 kok perasaan ni idung jg berminyak banget. Hari ke-4 pemakaian di idung dikurangi jd ga terlalu berminyak. Ehhh hari ke-5 kok muka agak2 merah2,, dan dilanjutkan dgn kering di bagian pipi & jidat. Oh nooooo katanya pelembab kok malah bikin keringg.. huaaaa T_T. Yaaa ga nyalahin tu merk c, Cuma kulitku aja yg emang sensitif. Mestinya tau diri & nyoba yg produk biasa dulu (harganya :p)

Petualangan belom berakhir. Akhirnya baru tau jg klo Sar*ay* ngeluarin Solusi Organic, yg ga mengandung paraben, mineral oil, propylene glycol, ama SLS (sodium laureth sulfate) – ini yg aku ga boleh pake krn alergi. Baca-baca-baca ttg produk skincare organic, banyak jg yg bilang klo sebenernya yg dibilang “natural” ato “organik” itu Cuma zat aktifnya doang. Mmm tapi si Solusi Organic ini ga pake bhn2 yg emg irritant buat kulit sih. Jadi, singkat cerita belilah facial scrub nya plus breast krim (hahahaha maklum emak2). Cocok2 aja sih, tp ampe rumah baru sadar klo yg breast krim nya msh mengandung paraben dll. Tapi si breast krim emg bukan golongannya Solusi Organic sih. Day krim yg kmrn di beli juga ternyata mengandung paraben dll.

Gambar diambil dari : http://www.sott.net

Dipikir2 emang pasti susah si wong kan tu produk butuh tahan lama jd pasti pengawet. Klopun ga pake paraben, mungkin pake zat2 pengawet yg lain lah. Jadilah memantapkan hati mau beli lebih banyak yg solusi organic, sampeeeee nemu Rainforest dari green mommy shop.Wowwwwwi baruuu niii bener2 organik…daya tahan produknya aja Cuma 6-12 bulan… wink wink wink wink kaya nemu harta karun aja :p

Dan variannya buanyak bgt loh, dari mulai buat bayi, skincare, kosmetik, sabun cuci dll ampe mi juga ada. Haaa senangnya…akhirnya yg slama ini go green nya baru makein clodi ke anak + bw tas sendiri klo belanja..skrg bisa pake bahan2 yg bener2 ramah lingkungan….hidup ISO 14001! ;p

Selamatkan bumi, bukan untuk kita tapi untuk anak cucu nanti T_T

Singkat cerita ketemuan deh ama distributor yg ada di bekasi (krn pusatnya di Malang) & mborong “Morning Dew” utk cuci muka&pelembab jg, “Aloe butter cream” untuk menenangkan kulit & dipake sbg nite krim, “Dish wash”, “Klerak” yg bisa untuk cuci baju&ngepel – wawww I love it!, dan “Loose powder” nya. Ga mborong2 amir sih krn sayang ama stok yg msh di rumah 😮 . Hasilnya baru make hari Sabtu, hari Senin pun merah2 uda ilang & hari Selasa uda mulai ilang kering2 di kulit. Justru ini bener2 organik krn ga instan efeknya. Dan jelas bgt di tiap produknya kpn produk ini dibuat  & kapan expire nya ( yg rata2 6-12 bulan SAJA). Sekali lagi, ini bukan kekurangan tp malah kelebihan, krn berarti emg bener organik.

Adduuuu penasaran pgn cepet2 make semua produknya GMS, gemessss :D. Niat dasarnya pokoknya kembali ke alam, walopun ada harganya yg sedikit lebih mahal klo kita beli produk yg dibikin dari bahan kimia sintesis , tapi yg penting alam aman..krn limbah hasil kita cuci muka, ngepel, nyuci ga ngerusak alam..

Inget, bukan untuk kita, tapi lebih untuk anak-cucu kita nanti pewaris bumi ini T_T

Advertisements

11 thoughts on “Skincare yang bener2 CARE

  1. Wahh ilmu yg bermanfaat…sy sih alerginya g se ektrim mak…cm anakku makkkk…jerawatnya bejibun…pkai wardahpun mental…tetap berjerawat…cb deh aku meluncur ke hadeyazah….trimakasih mak….

    • helo mak irowati..
      aduh saya uda melipir ke blog nya jd ngiler nih liat resep masakannya 🙂
      anaknya msh remaja ya mak, rentan jerawatan krn msh hormon nya jg sih ya. Klo aku dulu, saking emang keringnya kulit, jerawatan aja jarang :). Mudah2an cocok ya 🙂

    • Heyloo ranii…
      iyah euy, pake sebutuhnya aja kosmetik..harus bnr2 kembali ke alam
      btw di blog mu ada iklan kaos gurita, waw keren euy (norak, maklum newbie :p)
      teringat mas adri&mba ekanya dulu senior saya jg di marching band ITB 🙂

  2. Wah wah, Muti… detail banget cerita petualangan kosmetiknya. Aku terkesima, soalnya aku nih sampe sekarang masih gak ngerti kosmetik-kosmetikan (sepertinya aku gak berubah soal inimah sejak dulu hihi). Beneran harus hati2 nih, banyak yg mengandung pork yah. Sementara sih krn aku gaptik (gagap kosmetik) jadi aku pakai wardah dulu. Alhamdulillah soal kosmetikmah keliatannya kulitku gak terlalu pilih2.

    Cuma soal alergi deterjen itu, aku jg klo habis nyuci suka ada efek gitu, tapi gak sampe kayak gambar, cuma tingkat ringan aja. Anehnya kalo kulit muka aku gak terlalu sensitif, justru kulit tangan sm kaki yg sensitif. Akhirnya aku balik pakai sabun bayi lagi deh, meski sebenernya pengen pake yg agak2 girlie gituh… hihi D

    • hehehehe begitulah euis kan aku orgnya heboh..hohoho. detergen emang kejam euis, dulu sih sebelum ketemu ini aku pake sbn cuci prgnya yg untuk nyuci botol bayi kaya sleek/cussons gitu, lebih aman.
      btw euis uda bisa kenceng belom skrg klo mimpin baris di depan??hee.. reuni jaman ospek :p

    • Krn kepincut sama ke-alamiannya GMS, skrg sy jd distributor ekslusif wil jakarta/tangerang mba aulia. Jd klo mau beli blh lwt sy nanyti dikrm. Krn masa kadaluarsa yg singkat, sy menjamin produk yg diterima cust msh fresh dgn pengiruman lgsg dr malang. Produk yg saya stok hanya soapbar dll berbentuk bar krn masa kadaluarsanya lama 2 thn & best seller jg krn murah meriah 🙂

    • Bs kontak saya via 🙂
      MutsFamilyShop
      Green•Health•Beauty

      Our products :
      100% Natural Organic Skincare&Household Cleaner by Green Mommy Shop (GMS) | Maternity&Nursing Wear | Cloth Diaper | Training Pants | Menstrual Pad | Breast Pad

      • Update koleksi di FB : mutiara febryani mutsfamilyshop
      • Respon cepat via WA : 08978609631 (No Call&SMS)
      • IG/Line : mutsfamilyshop
      • BBM : 7F4E9503

  3. . assalamu’alaikumm mbak muti ..
    salam kenal yah ,, aku vita 🙂

    . oh ya mau skincare nya klo di malang beli dimana ya mbak ,, karna kebetulan rumah suami di malang ,, soal nya aku pengen pakeg kosmetik yang halal dan ga bahaya ,, pengen nya sih yang krim malam .
    ada ndag ya mbak ?

    mohon infonya yah mbak ..
    maciii ^_^

    wassalamu’alaikum …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s