Yakin Ga Sempet?

Akhirnya berhasil posting juga setelah 1,5bulan lebih resign dan full mengurus keluarga dirumah tanpa asisten. Tapi kok berasa malah banyak hal yg ga sempat dikerjakan ya, dibandingkan waktu bekerja di kantor dulu ya?Hmm..

Di postingan ini saya lebih banyak curhat ๐Ÿ˜ฎ dan berharap banyak Emak diluar sana yg sudi mampir & meninggalkan komen, tentang Time Management yg baik untuk Ibu Rumah Tangga (IRT)

 

Oke, saya mulai dari Kegiatan Utamanya : Mengurus Rumah & Masak

– Untuk sarapan pagi biasanya saya ngangetin makanan sisa semalem ๐Ÿ˜ฆ atau klo sempet dan lagi ada bahan ya mentok2 masak nasi goreng ๐Ÿ˜€

– Belanja sayur&lauk ke warung untuk stok 2 hari, untuk menghindari resiko hujan besar jadi gabisa ke warung, warungnya tutup, lagi males ke warung ( eh yg terakhir ini mah bukan alasan ya :p)

– Awalnya berusaha masak, nyuci/njemur, nyapu, ngepel&nyetrika setiap hari, seperti yg asisten saya kerjakan dulu. Tapiiiiโ€ฆhari demi hari walopun ga ikutan tdr siang pas anak bobo, kok tetep aja ga sempet ya. Akhirnya, daripada saya uring2an ngejar waktu untuk beberes rumah & takut anak kena imbasnya, jadi berusaha secepat mungkin beberes pas anak tidur&susun skala prioritas : `

1. Cuci baju & Jemur

Mesti pertama kali dikerjain krn butuh waktu lama dan abis itu bisa ditinggal ngerjain yg lain. Ini yg paling gampang krn ada bantuan mesin&bisa disambi jg

2. Masak

Awalnya semangat tiap mau masak browsing resep supaya rasanya lebih OK, tapi malah jadi lamaa waktu masaknya & rasa pun kok malah jd aneh. Mungkin karena saya selalu pakai hanya setengah/bahkan seperempat resep yg ada, jd ga sesuai takaran bumbunya.

Yg ini juga klo uda rencana ada 1x makan diluar di hari itu, mendingan gausa masak sama sekali. hehe

3. Menyapu rumah

Ini wajib & Alhamdulillah selalu bisa dikerjakan walaupun kadang ga sempet ngelap-in 1 per 1 barang/meja/lemari sebelum disapu setiap hari.

4. Mengepel

Bsshhhโ€ฆIni cukup kejar tayang, cukup 2 hari sekali untuk semua lantai tapi untuk dapur&tempat makan&tempat lain yg berasa lengket saya usahakan setiap hari mengepelnya.

Di poin no 4 ini sudah mulai butuh bantuan Emak sekalian untuk share pengalamannya ๐Ÿ™‚

5. Menyetrika

Na….setelah beberapa minggu ga sempet nyetrika&mikir โ€œnanti aja deh pas weekend dituntasin semuaโ€, akhirnya chat sama temen yg nyaranin nyetrika hanya baju pergi aja. HAHA, langsung aja dipraktekin & emang ga lecek kok kalo kita jemurnya bener (pake gaya dikibarin sebelum di jemur pake hanger)

Yang Kedua, Kegiatan Lain-lain : Nonton berita, rencana mau jualan & UPDATE BLOG

Nah, ini baru bisa dikerjain di hari Sabtu/Minggu. Itupun masih berebutan sama jadwal jalan2, istirahat dll. Dibuktikan dgn blog yg baru update setelah 1,5 bulan lamanya ga ditengok. Hihihi..

 

Dulu, saya merasa cukup baik mengatur skala prioritas pekerjaan saya di kantor. Tapi, selama menjadi IRT rasanya saya masih belum bisa mengatur waktu dgn baik krn prioritas paling pertama adalah waktu untuk anak. Tapi heran juga dgn IRT lain yg bisa ngasuh anak, rumah beres tanpa ART, bisa nyambi jualan juga. Bagi tipsss donggg ๐Ÿ™‚

Advertisements

13 thoughts on “Yakin Ga Sempet?

  1. Salam kenal Mbak Muti. ๐Ÿ™‚ Berat ya Mbak jadi ibu itu. Hehe. Saya belum pengalaman jadi ibu rumah tangga di Indonesia, tapi di sini (Jepang) alhamdulillah karena apartemen saya cuma seuprit, jadi pekerjaan nyapu-ngepel cuma dapur doang yang lantainya kayu, kamar dan ruang tengah tinggal sedot debu pake vacum. Trus nyetrika saya seminggu sekali doang, itupun cuma baju kerja suami dan baju2 yg kira2 butuh disetrika, selebihnya saya lipet doang. Hihihihi. Tapi kalo masak, dua kali sehari sih, pagi dan malam. Kalo siang pada ga di rumah, jadi udah dibekelin masing2. ^_^
    Semangaat jadi IRT! Yeaah….

  2. hihihih aku juga mazhab tanpa setrika :))
    btw, Ayahnya Rafan udah di Jepang ya? waahh.. semoga urusan nyusulnya dilancarkan yah.. btw, sedikit tips. nyetok bumbu di freezer! ๐Ÿ˜€ bikin bumbu dasar putih, kuning, merah.. trus dipisah per porsi masak. tiap kali mo masak tinggal cemplung2 aja deh. bumbu dasar putih bisa buat lodeh, terik, opor, dll. kuning untuk soto, ayam goreng, dll. merah untuk balado.

    • hmm..asik2 ibu2 masa kini tanpa setrika hehe
      uda disana Ri ayahnya Rafan, baru 2minggu lalu.

      ok2 thx tipsnya, tinggal gw cari lagi resep tu bumbu dasar..hehe ga PD amat :p. tp gw lbh sering masak yg gampang alias tumis2, tp ya butuh waktu jg ya ngebersihin&ngerajangnya. ini ada tips lg ga?hehe mgkin rajin ngupasin bawang ya biar pas masak tinggal motong2 aja..hoho

  3. Hai mbak, salam kenal ๐Ÿ™‚ Memang ya jadi IRT itu harus pandai-pandai mengatur waktu..
    Saran saya, coba mbak ke warung ga usah setiap hari.. cukup seminggu 1 atau 2 kali. Saya belanja bahan masakan biasa seminggu sekali. Ini bisa menghemat waktu. Biasanya mampir ke warung butuh waktu lumayan juga kan mbak :p
    Untuk sarapan, mbak bisa pilih roti (pakai selai, mentega, susu, coklat atau keju), atau bisa juga sarapan oatmeal. Ini praktis banget tapi tetap bergizi.
    Untuk lantai, coba aja mbak sediain lap basah yang udah dikasih karbol sedikit untuk ngelap lantai yang kotor atau terkena noda minyak dll. Jadi, begitu kotor, mbak langsung bersihin. Dengan begitu ga usah lagi ada jadwal mengepel lantai, karena lantai udah bersih ๐Ÿ™‚

    • Wokeh2..pdhl ini warung dkt sih uda 2 hari sekali, tp msh oke ya seminggu sekali sayurannya..baiklah nanti dicoba ๐Ÿ™‚

      Sama tips ngepelnya jg oke tuh ๐Ÿ˜€

      Makasi bnyak mbak sarannya ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s