FUJI-SAN, 11-12 Agustus 2014 “antara kapok dan penasaran”

Note gw kali ini ga ada hubungannya sama beasiswa, tapi buat yg bakal sekolah/kerja/ataupun liburan musim panas di Jepang, belom afdol rasanye klo belum “maen” ke landmark Negara matahari terbit ini.Kenapa gw bilang “maen”, karena emang gunung fuji ini udah kyak tempat wisata banget lah. Buat yang pengen seneng2 doang, bisa ke Fuji-Kyu Highland (<a>http://www.fujiq.jp/en/</a&gt;) , klo di Ind kaya kDunia Fantasi nya lah, yg cuma beberapa meter sebelum pintu masuk kawasan Gn.Fuji menuju pos 5 (gogome). Disana ada rollercoster extreme tinggi n curam bener dah, ngeliatnye dari pinggir jalan menuju kawasan Gn. Fuji aje ude bikin ngilu, apalagi naek nye. Klo mau yg suasana gunung, bisa naek ampe pos 5 Gn Fuji, ygdisebut Gogome. Ga usah ngebayangin pos 5 ini kayak pos yang kudu didaki daripos 1 sampe 5 sambil jalan kaki, tapi bayangin pos 5 Gogome ini kayak parkiran mobil Gn. Tangkuban Perahu, Bandung. Yup bis besar dari arah Tokyo lalu lalang mengantar dan menjemput wisatawan menuju dan dari Gn. Fuji. Ga Cuma itu saja,disini juga ada took cendra mata, restoran, rest room, dll. Pokoknya udah kyak terminal and tourist resort lah. Di note ini gw ga hanya cerita kronologis, tapi ada bbrapa hal penting yg coba gw sarankan, minimal biar hal2 buruk yg gwalami ga terulang pada kalian.

Oke, segitu pembukanye, sekarang gw mulai cerita kronologi perjalanan mendaki gw di Gn. Fuji, bersama kawan kawan PPI Tokyo Institute of Technology (Tokodai). Perjalanan dimulai harisenin 11 Agustus 2014, dari daerah Shinjuku, Tokyo. Dari sana, jam 16.30, kita neek bis ke 2 jam setengah sampe pos 5 gogome. Sebaiknya selama perjalanan ini tidur buat ngumpulin energi. Total biaya buat bis ini, PPhampir sekitar 6000Yen PP. Di terminal Shinjuku ini, ternyata udah bnyak pendaki-pendaki lain baik local maupun manca Negara yg juga sama-sama menujufuji. FYI, pemberangkatan kita kali ini bisa dibilang mundur, seharusnyakita berangkat hari sabtu-minggu, tapi krn saat itu Jepang dilanda badai topan,kita undur jadi senin-selasa. Hari tsb, kata perkiraan cuaca harusnya cerah.

Sampai di Pos 5 Gogome petangharinya, kita dsambut dengan angin kencang dan awan gelap. FYI, untuk nanjak ke gunung fuji itu bnyak rute nya, dan sepertinya rute ini yg paling ramai dipake wisatawan. Selepas shalat magrib dan isya, jam 19.00, kita langsung briefing, bagi kelompok, dan jalan. Kebetulan gw jd ketua kelompok beranggotakan 4 cowo dan 1 cewe, dan gw berposisi sebagai glandang serang, sweeper maksudnya hehhehe. Head-lamp, sepatu gunung, perlengkapan wajib di tiap anggota yg naek, uda terpasang. Digerbang pos meninggalkan pos 5 Gogome, kita ditarikin 1000Yen perorang, kata penjaga posnya buat iuran campaign gunung fuji, dan kita dikasih pin Gn. Fuji sebagai bukti kontribusi. Perjalanan pos 5 menuju 6 ini bisa dibilang sangat mudah dilalui, pemanasan lah. hampir 70% traknya datar, dan ga begitu panjang. Diperjalanan juga ada beberapa toilet dan warung kopi yg bisa kita datangi. Disini mah ga butuh istirahat pokoknya, kecuali pengen kebelet buang air, kudu ke toilet. Nah, disini lah pelajaran pertama didapat. Di Jepang, Cuma di gunung fuji lah toilet itu berbayar. Di rute ini, kita dikenakan 100yen sekali ketoilet. Makanya, pas mau nanjak ke Gunung Fuji, pastikan nyiapin recehan100Yen-nan, but keperluan beser, mengingat diatas dingin bener, bentar2 beser. karena WC nya ga ada yg jagain, jd bayar pake uang pas. Cuma ada kotaknye doang duit nempel.

Kira2 sejam kemudian, sampelahkita di pos 6. Yg bikin kaget pas nyampe pos 6, ternyata disana ada penginapan. Jadi buat yg Cuma kuat nanjak ampe pos 6, bisa istirahat bermalam di penginapan tersebut, sampe pagi, dengan tariff 6000Yen semalam. Fasilitas di penginapan tersebut lumayan lengkaplah buat sekelas penginapan diatas gunung. Disini pelajaran berikutnya gw ambil. Ternyata sampe pos 9 (puncak) pun ada yg namanya penginapan model beginian, dengan tarif yg ampir rata (6000an Yen semalam). Nah, buat yg mau nanjak, pastikan bawa uang 10 rebu Yen lah didompet, buat jaga2 klo pas diperjalanan ketemu kondisi buruk, yg mengharuskan kita kudu istirohat di penginapan tersebut. Gw jelasin pentingnya hal ini ntar.

Lanjut menuju pos 7, perjalananudah berasa agak naek dari seblumnya. Tapi jalurnya enak, krn sangat lebar,walau berpasir. Jalur ini dibuat lebih panjang dari seharusnya, karn jalur inidibuat “zig-zag”, jd ga perlu skill mendaki khusus, hanya kudu kuat stamina aja. Sampe disini, perjalanan masih lancar, hanya angin yg nambah kencang,ngebawa pasir ke muka kita. Tapi disini kita dihibur sama pemandangan kota Shizuoka yg terlihat gemerlap dr atas sini di kaki bawah gunung Fuji. Kota yang nyaris membawa gw studi S2 taun 2012 kalau saja beasiswa Monbusho gw tembus. Sekitar hampir 2 jam, sampe juga di pos 7. Seperti sebelumnya, di tiap pos ada warung kopi yg jual minuman/makanan hangat dan menawarkan penginapan juga. Ada juga kursi2 kecil buat para pendaki buat sekedar ngaso naroh pantat.

Setelah istirahat 30 menit sambil makan onigiri yg rekomedit bgt buat dibawa bekel selain pisang dan coklat, kita lanjut lagi. Angin makin kencang, mungkin sisa topan yg melanda jepang sehari sebelumnya. Medan juga makin ekstrim. Baru aja lolos dr Pos 7, jalur berikutny akudu dihadapi dengan 2 tangan buat membantu pendakian. Sarung tangan amat sangat berguna disini. Gw bersyukur sempet beli sepatu hiking buat nanjak ke Fuji ini, padahal tadinya gw mikir cukup pake spatu futsal gw atau sandal gunung eiger gw aja kali ya. Klo enggak, udah ledes kyak apa kali yak kaki gw, mengingat batunye tajem2 cuy. Bisa dibilang disinilah tantangan yg nyaris maksimal dr gunung fuji (terberat nya ada di jalurpos 8 mnju pos 9). Hampir 70% jalur kudu diakses dengan bantuan 2 tangan mengingat jalurnya batuan tajam menjulang melulu dan kemiringan yg curam.Ditambah lagi angin tambah ga bersahabat. Muka gw berasa digamparin cuy ama angin yg bawa pasir. Rutenya juga cukup panjang lagi. Headlamp sangat membantu,kebetulan temen se tim gw Cuma bawa senter, alhasil doi kerepotan sendiri krn kudu megang senter dan naek pake tangan juga. Disini kita jg kudu jaga jarak sama temen dibelakang n depan kita mengingat jgn sampe kita nendang atauketendang orang dibelakang/depan kita atau yg lebih ekstrem jatohin bebatuan ke orang dibelakang kita.

Dengan perjalanan yg berdarah darah, akhirnye sampe juga di pos 8 jam 2 malem. Tapi ujian ternyata baru dimulai. Selain angin yg nambah ueedan, gerimis mulai turun. Anggota cewek tim kita udah gw kuat nerusin pendakian. Akhirnya kita mutusin buat nyuruh istirahat. Masalahnya dari semua tim, ga ada satupun yg bawa diut 6000Yen buat sewa penginapan per orang permalam. Akhirnya kita patungan buat bayar penginapan untuk rekan cewe kita tsb. Disini kita berdiskusi, ditengah angin dan ujan makin deres, salah satu anggota udah ga kuat dan mutusin beristirahat di pengiapan pos 8, kabut pekat mulai turun, akhirnya kita mutusin buat ga nerusin sampe ke puncak / pos 9. Kata kawan2 sih masih sekitar 2 jam lagi perjalanan. Kita ga mau ninggalin rekan cewe kita di pos 8 dan juga kondisi yg makin buruk.

Hujan makin deres, sayangnya gw ga bawa jas ujan. Alhasil, jaket tebel gw pake g mampu nahan aer, basah deh ampe ke daleman.Yg yg parahnya, uang yg kita bawa ga cukup buat kita berteduh didlm penginapan.Kartu kredit yg salah satu anggota tim bawa pun ga berlaku disana. Di luar pos pun ga ada kanopi bua berteduh, alhasil, gw berempat dan beberapa pendaki kere atau terpaksa kere krn ga bawa duit cuma bisa ujan2nan diterpa angin kencang. Segala cara udah kita tempuh buat ngebikin yg punya penginapan iba, minimal kita bisa neduh ga kena ujan tapi tetep bayar 1000 yen perorang, dengan duduk di teras tanpa masuk ke ruang tunggunya, tapi tetap saja ditolak. Trik terakhir pun kita coba, beli sop jagung hangat, trus minum didalem buat neduh. Tapi pas sop jagung habis,kita pun diusir. Alamak, kejam kali yg punya lapak, alhasil kita ujan2nan lagi.

Udah saking kedinginan ekstrim, akhirnya gw and mas joko mutusin buat berteduhdi dalem WC, kebayangkan dorongan apa yg ampe ngebikin gw neduh di dlm WC umum yg aromanya menyengat? yg penting ga keujanan lah. Makin subuh udara makin dingin, dan ujan ga mau berhenti. Kawan2 klompok lain udah pada OTW ke puncak kayaknya, mengingat tim kita emang yg paling belakangan. kita mutusin buat nunggu terang baru turun dr pos 8, mengingat kabut makin menjadi jadi ngebikin jarak pandang terbatas dan jalan licin abis ujan.

Setelah solat subuh, kita liatbeberapa rombongan turun dr arah puncak, dan cahaya matahari udah mulai malu malu muncul, kita pun turun. Medan turun ga lebih mudah drpd naek. Engsel dikaki di hajar bener-bener dah. Ditambah lagi pas jalan berbatu, kita kudu super pelan2 jalannya. Selama diperjalana pulang, ujan pun ga mau berhenti. Legkaplah sudah. Yg lebih mengagetkan, selama turun banyak ketemu anak-anak kecil sekitaran umur 5-10 taun yg udah diajak orang tuanya naek Fuji. Aje gile emang org Jepang ini, ngilu ngeliatnye boi, inget anak sendiri di rumah.

Alhamdulillah, perjalananmelelahkan ini selesai juga. Jam 9 pagi kita sampai ke Pos 5 Gogome, langsungganti baju, lap badan, karena ga ada shower room yg bisa dipake, trus istirahatdi restoran setempat. Pas buka tas, setelah turun dr gunung, beberapa kawan kaget ternyata barang bawaan yg disimpen ditas termasuk baju ganti pada basah juga. Pelajaran penting lainnya, bungkus baju n barang bawaan di tas lainnya pake plastic berlapis. Raincoat dan jas ujan saja ga cukup menahan air masuk.

Tearkhir, kita cukup senang ada  4orang dr rombongan kami yg bisa sampe ke puncak, walupun di puncak juga ga keiatan apa2, krn kabut menggila. Setelah istirahat, beli souvenir, Jam 4 sor ekita cabut dr gogome menuju Shinjuku-Tokyo lagi. Oh iya, Gunung Fuji dibuka untuk umum hanya pada bulan Juli dan Agustus saja (pas musim panas), jd rencanakan pendakian pas bulan tersebut, Satu lagi pastikan memesan tiket bus jauh2 hari buat pulang dan pergi, jangan harap bisa beli pas hari H saat pergidan pulang dr Gogome.

Oke, next time klo adakesempatan, mari bung nanjak kembali, buat ngibarin bendera merah putih dan syal Persija tentunya, diatas Gn. Fuji, 3700 M Dpl !!!!
<photo id=”2″ />

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s