Persiapan ke Jepang

Haa…lama sekali ga menulis blog..
Setelah aktif menulis blog pas masih kerja (ups) lalu berenti 6bln jd IRT (masih sibuk ngurusin jualan) & sekarang sudah 2 bulan tinggal di Jepang..Banyak bgt yg mau ditulis tp msh di angan2..mdh2an selanjutnya continue lg bloggingnya 🙂

Dah beres curhatnya..yuk mulai nulisnya..
Persiapan saya pindahan ke Jepang uda dari 6 bln sebelum berangkat (hee laa bgt ngapain aja persiapan selama itu?) hihi maksudnya kan suami sudah pindahan duluan lalu selama 6 bulan saya & anak menunggu di Jkt jd ya selama itu persiapannya seperti :
– Ga belanja barang2 keperluan rumah tangga walau uda mau rusak, misal alat dapur dll. Kebetulan sih saya jg ngungsi ke rumah ortu pas ditinggal suami ke Jepang 🙂
– Pertamanya saya ga beli2 baju, sepatu dll jg pokoknya sandang & papan ga ada yg ditambah2in lagi..sabar aja walau gatel pgn beli ini itu..krn mikirnya ntar susah bawa  nya, beli disana aja..Eh si ayahnya bilang klo di Tokyo semuanya mahal jadi klo emang ada yg diperluin beli aja dari Indonesia. Nah, denger  kaya gitu hati ibu mana yg ga tergerak (utk belanja abis2an?) hiiii…Akhirnya beli lah saya baju/sepatu dll yg emang lg dibutuhin (tp awalnya ditahan ga belanja krn mau pindahan tea)..dan kebanyakan belanja nya !
Karena pas hari H si suami bingung & berubah haluan “kok semua baju dll mau kamu bawa?yang penting itu makanan, ntar ngerasain gimana kangennya makanan Indonesia..”/”Lah kan kata kamu kemaren suru belanja yg perlu2 yauda aku belanja?”/ ” Ya tapi ga sebanyak ini” HIXHIXHIX itulah beda nya cewe vs cowo ya hikhik..akhirnya dgn berat hati bbrp baju dagangan yg tadinya mau dibawa di pake sendiri ditinggal ..tp baju dll buat Rafan tetep dibawa 🙂

Nah klo ini tips & list beneran yg penting dibawa apa aja 🙂

1. Keperluan ibadah. Karena saya muslim, jadi wajib bgt bawa mukena 2 buat ganti2, sajadah, quran.

Nah tapi kemarin saya cuma bawa mukena katun & mukena tipis yg ringan utk dibawa2, ternyata disini saya lebih nyaman pake jilbab panjang, kalaupun jilbab nya ga panjang bgt jg kan hampir selalu pake jaket panjang, dan selalu pake kaos kaki, jd klo jalan2 uda ga bawa mukena lagi alias langsung pake baju yg sudah menempel. TIPS harusnya bawa sajadah tipis yg bisa dibawa2. Karena saya ga bawa, saya pake jaket panjang/semi long john itu utk jadi alas sholat..tapi rasanya klo musim dingin nanti ga mungkin lepas2 jaket werrrrrr :O)

TIPS : Buat di rumah jg ternyata butuh sajadah tebal yg kaya ada busa nya krn membantu banget pas musim dingin gini lebih ayem pasti sholat nya 🙂 + mukena super tebal yang sebenernya saya punya tuh dari seserahan dulu ga pernah dipake hihi

Ttg quran, saya sempat bingung karena quran saya gede banget ukuran paling besar karena keterbatasan mata ini hik. Sempet mikir apa baca quran lwt tablet aja ya mengingat bawaan koper dah penuh & ransel uda kaya mau naik gunung seminggu kali :(. Tapi takut dosa jg masa baju, mknan semua dibawa quran ga mau dibawa. Akhirnya dibawa lah quran itu krn klo sehari2 pegel jg kan melototin quran lewat tablet. TIPS : Tetep lebih nyaman baca quran langsung toh 😉 jgn lupa bawa yg ada terjemahan Indonesia ya. Disini ga akan nemuin soalnya 🙂

2. Makanan

Rasanya sih hampir semua bahan makanan yg biasa dimakan di Indonesia ada di Jepang. TIPS : sesuai pengalaman saya, sebaiknya bawa aja semua bahan/bumbu makanan favorit, ga perlu banyak2 jumlahnya tapi yang penting ada tiap jenis nya.  Karena di awal2 pindahan kan mungkin masih bingung juga belanja dimana, gimana bayarnya dll. Kalo yang bingung bahan makanan penting apa aja yg harus dibawa, ni saya list in ya :

Bawang merah (disini bawang merahnya besar spt bawang bombay, katanya sih sama rasanya tp saya sendiri blm pernah coba. Di tokoindo/baticrom tapi ada yg versi kecil spt di Indonesia
Bawang putih sedikit aja karena disini sama kok bentuk bawang putihnya&ga terlau mahal jg. Atau bawa aja yg bubuknya
Cabe. ada sih tp di supermarket 10rb kali ya cuma dapet 3 biji.hix
Bumbu2an spt jahe, merica/lada, kunyit, lengkuas, kluek, kemiri, ketumbar. Kalo memungkinkan bawa versi asli & versi bubuknya. Saya dulu bawa kencur juga lalu sampai sini bingung mau dimasak apa hehehe bisa sih uda sukses bikin urap ajah 😀

Oya saya sempat mikir jg, emang boleh ya bawa cabe, bawang dkk jg cairan makanan & skincare segambreng dibawa pake pesawat ? Bukannya si cabe2 termasuk tanaman (dimana itu ga boleh dibawa krn takut ada hama masuk ke negara itu & cairan jg ada batasan 1/10 L gt lupa. Dengan berbekal nekat&doa hehe lebay , juga saya baca blog2 orang yg pindahan ke Jepang/negara lain jg pada bawa banyak, jadilah saya bawa ini semua dan alhamdulillah LOLOS tanpa ada sesuatu halangan apapun :D. Untuk bawang dkk, ada tips dari senior yg uda lama disini, supaya terkesan kaya kado cantik bawang dkk dibungkus seperti ini ya supaya tidak mencurigai 🙂

Ini TIPS dari temen senior yg uda lama di Jepang : Bungkus cantik si bumbu jahe dkk seperti ini :D

Ini TIPS dari temen senior yg uda lama di Jepang : Bungkus cantik si bumbu jahe dkk seperti ini 😀

Sambel, kecap botol (buat di rumah)/sachet (buat dibawa klo pergi misalnya)
– Yg suka ngemil, bawa mentega, susu kental manis/susu bubuk, vanila, atau tepung2 instan utk bikin kue krn di toko indo jg terbatas sih tepung instan nya. Oya juga kopi/teh buat nemenin ngemil ya
– Yg males masak, bawa sarden, kornet, sosis, kering tempe/kentang, rendang kering, abon, mie instan
– Yg lagi belajar masak, bawa bumbu instan. Saya pilih bamboe krn di ingredients nya ga ada pengawet&bahan kimia sama sekali. Mudah2an bener 😮

Orang Indonesia & terutama yang muslim lebih sering belanja bahan makanan online ke http://www.toko-indonesia.org / http://www.baticrom.com. Cek aja disini, siapa tau bahan makanan kamu lagi kosong stok nya jadi harus bawa lebih banyak dr Indonesia. Eittsss tapi jangan kaget liat harganya ya..Disini kan uda ada yg jual aja uda syukur Alhamdulillaah bisa makan enak makanan Indonesia.. tapi saya pernah bandingin jg rata2 bahan makanan yg dijual di toko online ini emang lebih murah sih dibanding supermarket disini 🙂

3. Obat

Paling penting antangin krn banyak angin disini huihui, minyak kayu putih/telon, balsem, obat2an pereda pusing, demam, flu, karena seperti di negara maju lainnya, dokter2 ga akan ngasi segambreng resep&obat klo cuma pusing, anget, masuk angin doang. hehe. Ini sih katanya karena saya Alhamdulillah belum pernah sakit selama disini. Tapi emang uda ngebuktiin sih karena di dokter kandungan jg ga dikasih obat/vitamin sama sekali 🙂

4. Pembersih (sabun, shampoo, odol dll)

Ini saya taruh lebih penting dari pakaian karena saya superrr alergi sama sabun kimia. Cerita lebih lanjut (dan sekaligus ada pesan sponsor & kampanye lingkungan, ada di sini. Jadi stok skincare nya Green Mommy dagangan di rumah dari yg penuh selaci lemari besar, langsung kosong dibawa empunya hohoho. Ga nyesel karena emang ga nemu yg alami organik lagi. Ada sih katanya di mall dkt rumah, tapi pas diliat ingredients nya masih ada bahan kimia buatan walau ga segambreng produk kimia buatan lainnya. Jugaa harganya lebih mahhalll jadi masih lebih murah di supply dari Indonesia walau sudah ditambah ongkir. Jadi makin CINTA ama GREENMOMMYSHOP

5. Pakaian

– Ibu
Karena saya memakai jilbab, jadi pertama yg saya banyakin jilbab dulu. Abis itu gamis. Lainnya saya hanya bawa 1/2 tiap jenisnya. Karena saya sudah berencana hamil lagi disini (dan Alhamdulillaah emang ternyata pas pindah itu sudah dlm kondisi hamil 1 bulan 😉 jadi bawa baju nya yg kira2 bisa utk hamil nanti, jg celana hamil, celana dalam hamil segambreng & clodi segambreng 😀

Utk jaket, saya uda bawa lengkap jaket musim dingin hihihi. Kebetulan saya nemu toko bekas barang Jepang (tapi msh bagus bgt kok ga keliatan bekas) di Bintaro Plaza dekat dgn musholla lantai 1 (bukan musholla yg di luar parkiran) trus di Pondok Gede Plaza, Jatibening jg kebetulan ada toko baru buka bekas jg&dari Jepang jg..Alhamdulillaah..Ditambah ada teman jg yg ngasih jaket tebal, hiiii jadi lengkaplah sy ga takut kedinginan di Jepang hihihi 🙂
Kata suami : ” emang kamu mau kemana beli jaket banyak2?”/”mau nganter sekolah kakak :D”

– Anak
Sama seperti ibu nya, yg penting semua keperluan dr ujung kepala sampai ujung kaki lengkap tapu ga perlu banyak2 karena nanti kan dia cepet gede juga cepet ga muat nya. Baju main yg uda adem (belel) itu ditinggal semua), cuma baju main yang masih bisa untuk pergi2 jg yang dibawa.

Mainan dibawa ga? Sejak tau mau pindahan ke Jepang, saya uda mikir bakal bawa mainan kereta rafan yang segambreng itu walau bingung jg gimana bawa nya…sampe di hari H emang itu mainan ga ada yang dibawa sama sekali. TIPS : Harusnya tetap dibawa masing2 1 mainan favoritnya biar sampai di Jepang ga kebingungan/kalap beli mainan (Ngapain juga beli mainan banyak2 padahal uda tau mau pindah, kalo ujung2 nya ga dibawa?Dan sampai sini jg rumah dipenuhin plarail lagi hikk curhat jadinya).

 

Sepertinya sudah cukup sih semua yang dibawa untuk pindahan ke negeri orang. Mudah-mudahan ga ada yg terlewat, klo ada yg terlewat nanti saya edit2 lagi blog nya 🙂

Sebelum pindah ke sini banyak yang nyaranin, bawa aja seperlunya nanti disana banyak kok pasti nyesel deh bawa banyak. Tapi untungnya suami emang uda kesana duluan jadi tau gimana kondisi disana.

Jadi pertanyaan penting nya : Nyesel ga bawa itu semua? (hampir full memenuhi budget bagasi 10kg/koper, sambil deg2an pas ditimbang di bandara) NGGAK!! Karena emang semua itu rata2 lebih mahal disini. Misal jaket dingin di toko bekas aja paling murah 2000 yen (200rb rupiah). Di toko bekas bintaro itu saya beli 150rb tapi waktu itu kebetulan cuma tinggal 1 itu stok nya tapi kunjungan selanjutnya rata2 harga ga jauh dari 100rb rupiah kok :). Di toko bekas bekasi malah lebih murah cuma 75rb saja cuma ya itu mesti pegel ngucekinnya dulu, klo yg di bintaro uda bersih wangiii 😀 . Dan emang paling penting itu TIPS untuk bawa semua keperluan pribadi masing2 minimal 1, tapi ga usah bawa perintilan dapur/rumah karena ada toko 100 yen (10rb rupiah) yg menjual berbagai perintilan lucu seperti yg bisa diliat di supermarket di Indonesia, barang2 Jepang berharga 20-30rb rupiah, disini 10rb rupiah saja. Tips belanja selanjutnya menyusul di post lain ya ..c u 😀

Contoh perintilan yang bisa dibeli di toko 100 yen

Contoh perintilan yang bisa dibeli di toko 100 yen

Leave a Reply

