Perayaan Akhir Tahun di Jepang (1)

Kalau dulu waktu masih ngantor, akhir tahun itu berasa senduu..banget krn kita sbg Muslim ga punya hak libur tapi kantor udah sepi krik krik sama temen2 yg liburan natal, tahun baruan & apalagi yg bule2 pada mudik ke negara nya masing2. Nah, sekarang ngerasain juga nih akhir tahun di Jepang. Sebelumnya berangkat kesini juga saya banyak baca blog2/berita2 tentang orang Jepang yg suka banget ngerayain hari raya apapun walau sebenarnya ga sesuai sama agama yg dianut. Ternyata bener banget, setiap bulan rasanya ada hari/tema spesial yg heboh dirayain di sini 🙂

Misal, waktu kita datang bulan September akhir kan sudah mau Halloween ya. Kalau di mall mungkin biasa ya, heboh dgn pernak pernik halloween , walau kalau di Indonesia sih rasanya ga segitunya ya :). Ternyata menjelang bulan Oktober ini, hampir setiap rumah majang ornamen2 labu, tengkorak, dll khas helloween ya. Yah, sayang sih ga sempet motret tapi kadang scary jg tu ornamen, ada yg niat  banget rumahnya ampe ditaro patung2 huhu..

Trus pas Desember ini, wahhh lebih heboh lagi ya natalan. Di sekolah Rafan jg ada hari spesial perayaan natal. Untung TK nya Rafan ini sudah familiar bgt dengan orang asing & orang muslim, berkat saudara muslim dari Syria yg sudah lebih dahulu sekolah disana. Pihak sekolah bahkan punya list apa saja komposisi makanan yg ga boleh dimakan sama Muslim & berkat list itu mereka bisa memilih makanan yg insya Allah halal dimakan sama anak2  muslim di hari Rabu, hari dimana anak-anak makan snack dari sekolah. Ahh..Alhamdulillaah rezeki banget. Klo kita ngejelasin sendiri mungkin ga sanggup karena semua penjelasannya harus ditulis dlm bahasa Jepang spy mereka ngerti.

Balik lagi ke Natalan di TK Rafan, karena Rafan baru masuk sekolah bulan November, kebetulan saat daftar gurunya langsung tanya, bulan Desember mau datang ke perayaan natal ga? Lalu mereka langsung menjelaskan kalau murid yg muslim Syria juga ga hadir saat perayaan Natal. Alhamdulillaah lagi kita tinggal bilang, kita ga juga ga ikut & minta Rafan diperlakukan spt anak muslim Syria td. Alhamdulillah  ga perlu capek2 jelasin ke gurunya lg 🙂

Sebelum hari-H perayaan Natal di sekolah ini, ibu-ibu yg nunggu bareng bis jemputan kan heboh tuh. Kebetulan mereka nanya, ya dengan senang hati saya menjelaskan : karena kita Muslim/beragama Islam, jadi kita ga bisa ikut perayaan Natal, karena Natal kan untuk yg beragama kristen. (Nah, ini ga tau ya mereka “jleb” apa ngga denger pernyataan saya, krn memang ternyata walau mereka ga beragama Kristen, mereka tetap ngerayain natal karena orang Jepang suka nya party2 & fun nya aja, gitu katanya 🙂 Dan terbukti (saya sendiri kaget juga) pas liat tanggal 25 Desember bukan tanggal merah, pdhl setiap sudut jalan & rumah heboh ganti semua pernak pernik di taman dll pake yg berbau natal 🙂

Sebelum hari-H ini saya juga sempat ngobrol sama salah satu orangtua pengurus Parent’s Teacher Association (PTA) dari TK nya Rafan, walau kita ga dtg pas hari-H, mereka minta kita bawa 8 jenis snack yg bisa dimakan Rafan trus dibawa besoknya utk difoto. Saya juga sudah pesan kalau fotonya jangan ada hiasan Natal spt santa claus, dll.

H+1 setelah perayaan, Rafan bawa sebungkus snack dari saya (krn nyari snack yg halal aga sulit & apalagi waktu itu Rafan jd batuk, jd snack nya kecil2 bgt hehe kaya ga niat) & sebungkus lagi snack dari sekolah + foto dirinya yg tertempel dgn hiasan pohon cemara & bintang saja (persis seperti yg saya minta ke pengurus PTA, untuk ngasih aksesoris yg umum aja 😀

Snack nya lebih banyak & besar dari yg saya bawain hihi jadi malu, lengkap dengan pesan dr Santa hihi pengen ketawa ngeliatnya :)

Snack nya lebih banyak & besar dari yg saya bawain hihi jadi malu, lengkap dengan pesan dr Santa hihi pengen ketawa ngeliatnya 🙂

Ini sekarang klo difoto senengnya di-menyon2 in bibirnya :S

Ini sekarang klo difoto senengnya di-menyon2 in bibirnya :S

Sebelum berakhir di tempat sampah, saya sempat tanya2 dulu ke grup muslimah sini (ini rezeki juga punya banyak banget temen muslimah disini yg baik banget & jago kanji, tempat bertanya makanan halal 🙂 ), dan ternyata hanya 1 yg bisa dimakan. Snack ga halal ini tadinya mau  saya kasih ke teman lab nya suami aja, kan kebanyakan non muslim. Nah, untung juga di grup jg langsung dapat pencerahan, bahwa makanan ga halal ini bukan berarti kita bisa kasih ke yg non muslim, karena sifat zat nya yg terkandung kan haram, jadi sebaiknya ga dimakan sama yg muslim/maupun non muslim. Sebenarnya sih ada juga di hati kecil mikir begitu , tapi kok ga diterusin mikirnya :S

Haa..tadinya mau dibikin dlm 1 post tapi rasanya udah kepanjangan. Masih ada cerita selanjutnya tentang perayaan bikin & makan kue moci..intip ya di bagian ke 2 🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s