Welcome baby Rumaisha Sakura El Muttaqien (Part II)

Sama seperti waktu Rafan lahir, dimana kita “mesra” banget tidur mpet2an di kasur RS (hehe), malam itu jg kita tidur mpet2an di kasur RS lg. Cuma bedanya karena malam itu tingkat kontraksinya makin naik, si suami mah tertidur pulas (ngorok :p) sementara saya berusaha ngatur napas nahan sakit. Uda lewat tengah malam rasanya makin ga tertahankan, saya bangunin suami suruh sholat & bacain quran. Inget2 teori senam hamil & kata temen2 yg berhasil melahirkan ga terlalu sakit krn bisa ngatur napas, pas praktek kemaren aga bingung krn durasi kontraksi yg panjaaangg..jd rasanya ga mungkin nahan napas sepanjang itu. Sampe pas uda ga tahan lagi, nyempetin nyuruh suami SMS Mba Mala, nanya : ini gimana cara nafasnya biar ga sakit. Kasian ya, saking ga bisa komunikasi ama suster sampe nanya ke temen gimana cara nafas yg bener :s. Ga lama setelah itu, saya panggil suster & mungkin ngelihat saya yg uda kelojotan kepala geleng2 kanan kiri nahan sakit dia uda ga ngecek dalam lagi tapi langsung bawa saya ke ruang bersalin. Eitts..lagi sakit2nya uda kelojotan gitu, pindah ke ruang bersalinnya ga didorong pake kasur loh tapi pindah ke kursi roda dan dan dari kursi roda pindah lagi ke kursi ruang bersalin. Huaaaa sambil setengah teriak waktu pindah itu krn uda sakit bgt. Eh, tapi pas cerita sama temen2 yg pernah lahiran di Jepang/RS yg sama, mereka malah disuruh jalan loh dr ruang kontraksi ke ruang bersalin (what??!). Hehe, mungkin ada hikmahnya jg ga bisa komunikasi, daripada ribet kali nyuruh saya jalan jadi mending si suster langsung bawa kursi roda aja :p.

Sama juga waktu melahirkan Rafan (walaupun cuma sampe bukaan 3/4 :p), kemarin sang suami jadi korban pelampiasan rasa sakit lagi. Bedanya klo dulu nyakar lengan dgn kuku panjang, yg kemarin suami uda wanti2 nyuruh potong kuku. Tapi tetep gemes, kuku saya tekenn ke tangan suami ampe ada yg aga bedarah. Hehehehe..Karena kalo ga di salurin rasa sakit nya (dgn nyakar orang heheh) itu luar biasa sakitnya. Apalgi beda sama di Indo dulu dimana melahirkan di kasur yg nyaman dan cuma kaki nya aja yg diposisikan gaya ngeden, disini berbaringnya di kasur ala operasi trus kaki di ikat supaya ga nendang2 kali ya, cuma jd makin “euuhhhh” banget nahan rasa sakitnya krn ga bebas. Begitu uda boleh ngeden baru deh aman tu tangan suami krn udah tersalurkan ke ngeden itu sakitnya.

Waktu Rafan kan sambil cengengesan & klo ga salah ga sampe 5x ngeden uda keluar walau dibantu sama vakum krn setelah ngeden kepala nya Rafan masuk lagi. Nah yg ini ada kali 15x an ngeden baru gol :D. Dan setiap jeda kontraksi kan disuruh relax, nafas, tapi tu bidan ngubek2 jalan lahir mulu (lebih sakitt daripada pas ngeden), jadi saya berusaha ngeden terus aja daripada diubek2 (heheh bahasa nya :p). Beda jg dgn di Indo dulu, dimana pas bukaan 10 dokter standby di jalan lahir & suster di kanan kiri, disini bukaan 10 dokter nangkring di samping bidan dan bidan yg standby di jalan lahir. Sepertinya dokter nya cuma gunting perineum & jahit.

Dengan komunikasi seadanya, cuma “relax..push..please try again (kata si dokter dgn muka datar :I)..tambah instruksi bahasa tubuh spt “Buka mata (beberapa kali di awal2 saya ngeden sambil nutup mata), mingkemin mulut (krn saya ngeden uda sambil mengerang aga kenceng)”, Alhamdulillaah..jam 4.35 Rumaisha Sakura El Muttaqien terlahir kedunia.

Setelah dibersihkan, Alhamdulillah Sakura-chan langsung bisa nen kanan-kiri. Krn katanya saya pendarahan cukup banyak jadi ga boleh banyak bergerak dulu. Nah ini juga jadi baru tau klo ternyata saya bisa nen-in bayi piyik sambil tiduran. Dulu soalnya Rafan IMD nya malah tidurr, lahir jam 1 siang jam 5 sore baru nangis minta nen dan sambil duduk waktu itu.

Selang beberapa jam setelah lahiran suster nanya mau nyoba berdiri&jalan ga. Krn katanya ibu2 Jepang recovery nya cepat krn “dipaksa” utk terus bergerak, saya langsung mau aja. Begitu berdiri langsung muterrr dan ga kuat langsung duduk. Pas duduk kata suami saya sempat kaya setengah pingsan mungkin ya. Langsung saya direbahkan lagi&statusnya jd “spesial” krn jd ga blh berdiri dulu sampe besok&jadinya jg dipasang kateter jd bnr2 cuma duduk&tiduran aja bolehnya.

Beda dgn waktu di Bintaro dulu, walau ga kelas vip boleh2 aja suami ikutan nginep, disini strict bgt, begitu pindah ke ruang rawat inap kira2 jam 8 pagi suami disuru pulang & dtg lg di jam besuk. Huaaaa..

Allah memang Maha Adil, waktu melahirkan Rafan memang ga sakit sama sekali tapi saya dikasih sakit+jaitan yg banyak sampe hampir ke belakang kt dokter hixxx jadi pas bab aga trauma. Alhasil 1 minggu ga bab & terpaksa dievakuasi manual ma suster, uda kaya lahiran lagi aja huhuhu. Jadi yg hamil Sakura ini saya agak trauma jg tp mungkin krn uda ngerasain aslinya sakit melahirkan, saya dikasih kemudahan bab lancar&ga sakit, jahitan jg cuma sedikit. Alhamdulillaah..mudah2an sakit yg saya rasakan bisa jadi penggugur dosa huhuhu aamiin aamiin aamiin..

Sayang waktu di Bintaro dulu blm jaman motret makanan kayaknya, hihi ga sempet motretin menu yg endangg..hihi..Dan, bener kata tmn2 yg melahirkan disini, makanan RS nya enakkk. Saya yg ga doyan masakan jepang kecuali hokben hahaha jd nagihhh pgn (dimasakin) mknan jepang teruss..bumbunya kayaknya simpel, rasa jg cuma asin/manis/gurih aja tapi enak..nyamnyam foto menyusul ya.

Trus klo kata tmn2 servis di RS jepang okehhh bgt, terus terang mnrt saya ga jauh beda sama di Bintaro dulu, dan kemungkinan bsr krn kesulitan bahasa mungkin penilaian saya ga seheboh tmn2 yg bisa lancar berkomunikasi. Tapi memang rasa percaya&aman lbh tinggi drpd di Indonesia dulu ya, yakin klo kita uda pasti ditangani sesuai prosedur nya & klo ada yg melenceng mereka pasti info dgn detail. Inget dulu soalnya Rafan leukositnya tinggi shg disarankan utk masuk nicu utk diobservasi (disuntik antibiotik tiap 6/12 jam gt dulu), efeknya ke waktu rawat inap yg lebih 1hari&biaya yg langsung bengkak 2x lipat huaaa..

Ga selesai2 ni ceritanya, blm nyeritain ttg saya diomelin suster krn ketiduran uda lbh dr 3jam blm nen-in, ttg gmn aturan mandi di RS, ttg ibu2 jepang yg lgsg menjelma jd cantik lg dgn rok mini/jeans ketat + jalan kaki pulang dr RS, ttg suara di ruang melahirkan yg ternyata kedengeran sampe ruang rawat inap. lanjut lg di part III 😀

Leave a Reply

