undokai!!hebohnya porseni tahunan sekolah jepang yg antriannya ngalahin disneyland!:D

Sambil nunggu antrian undokai,

yuk nulis..

sekilas ttg undokai ; acara tahunan seperti porseni kalau di Indo. Uniknya, seperti biasa nya cara org jepang yg sangat menikmati segala event baik acara/musim2, ga hanya guru&murid yg super all-out, ortu/mungkin tetangga lingkungan sekitar juga ga kalah all-out nya.

Saya tau kalau gate akan buka jam 7.30 tapi hati ini curiga (halah), jangan2 pada antri dari subuh. Krn saya harus masak buat bento&siap2 antri, jam 6 saya liat blm ada yg jalan. Kebetulan rumah kita deket banget di samping sekolah jadi bisa intip2. Sekitar 6.30 saya liat bapak2 bawa barang banyak khas heboh undokai, wahh..krn klo mau kerja ga akan bawa sebanyak itu barangnya. Sampai sekolah, antrian uda panjang aja – sbg perempuan saya gatau sih ini berapa meter. Tapi ga lama setelah saya antri, antrian udah sampe masuk gang mungkin 500meter-an.

Mungkin saya kurang belajar dari pengalaman undokai pas TK. Waktu undokai pertama kali di TK,  kita dateng biasa aja pas waktunya. Karena di event2 sebelumnya, pas kita dateng pagi2, ternyata masih sepi banget & org jepang datengnya ya persis-on time. Ternyata undokai ini acara yg super sekalii,, pas break makan siang, ibu2 yg rumahnya deket ya plg nenteng makanan dr rumahnya. Di sisi kanan-kiri kita juga bisa liat, nenek-kakek yg bawa meja&kursi lipet, juga bento yg keliatan menggiurkan. Dan kita…..ga tau klo perlu bawa bento!!!!wakwaww, untung supermarket disini dimana2&bisa ditempuh sepeda/jalan..

Undokai TK juga all-out banget, bagusss banget konfigurasi anak2 nari2&haru banget liat wajah anak jepang mungil2 semangat banget lomba lari dll, juga ngasih semangat ke temennya yg lagi lari, sampai Kepala Sekolah TK nya nangis haru.

We’ll see..undokai SD pasti lebih heboh. . Btw kenapa saya bela2in antri dingin2 (18derajat saat ini, udah mau masuk autumn), karena rafan kepilih utk kasih speech di opening ceremony.

Eh bukan speech pjg gt sih, tapi dr masing2 kelas ada 2 wakil dr tim merah&putih, utk naik ke panggung&ngasi semangat ke temen2 nya 🙂
.
Lucunya, saya malah tau dari teman yg anaknya jg akan tampil. Oo ternyata rafan sengaja ga bilang krn mau bikin surprise 😀 oh la la nak..klo ga dikasih tau nanti emak bengong2 ga siap2 foto :’-s
.
Beda sama acara TK, yang acara2 nya masih bisa di handle ama camdig (walau org jepang c std nya:bpknya pake cam pro, ibunya pake handycam ehehe), di SD lapangannya lebih buesar lagi jadi kuecil2 bgt muka anak klo pake std kita : ayah foto pake camdig, bunda video pake iphone wkwk dgn pemikiran pake hp lbh enak gampang ngeshare ke keluarga hehe. Penyakit camdig kan males transfer nya walau pake wifi jg males buka laptopnya heuheueheu
.
And the show start!
Eeee..ternyata orang2 pada berdiri untuk ngeshot anaknya..wakwaw!!trus ngapain pada bela2in dtg pagi2?!/(-¥-@/”
.
Kata temen (org jepang), ya emg org jepang itu hobi ngantri haha. Dipikir2 iya c klo yg bawa nenek-kakek, lebih nyaman duduk di bawah pohon&dekat dgn arena jd minimal bisa duduk sambil denger rame2 nya (walau tetep aja ga keliatan krn ketutup org berdiri T.T)
.
Yg menarik selama undokai:
-Sama seperti di TK&juga uda ditulis di pengumuman : baris depan untuk orang tua yg anaknya sedang tampil. Kalau anak kita selesai tampil, kita mundur & org belakang kita uda siap2 gantian maju. Ini hal yg bagus bgt untuk bisa ditiru
-Anak kelas 1 yg mau ke toilet didampingi sama kakak kelas (ce&co), jadi ga ilang2an. Kakak cewe di depan & kakak cowo baris jagain di belakang
-Mungkin kelas 3/4 keatas ya, mereka ga hanya tampil aja tapi juga punya peran masing2:ada tim cheersleader (aduh bunda ngefans banget ama kakak yg teriak2 ini, pengen jg jadi cheersleader wkwkwk), bantu nyusun bola sebelum kelas 1 lomba masukin bola ke keranjang, ngarahin pemenang lomba lari utk baris sesuai urutan&ada juga yg jadi MC.
.
Menurut saya sih cukup complicated juga pembagian tugasnya, karena ga ada break setiap jadwal jadi bener2 mereka udah dilatih&siap. Keliatan juga gurunya ya hanya mengarahkan aja. Kalau waktu TK, latihan undokai (terutama yg kelas nencho/setara TK B) dari sebelum liburan summer, pas SD ini mereka baru latihan setelah liburan summer, jadi sekitar 2 bulan persiapan.
.
Ga hanya guru&murid, orang tua juga diminta bantu2. Saya antara ketawa&bingung waktu dpt ‘surat tugas’ utk patroli di luar pager: ngecek klo ada yg ngerokok/parkir tanpa stiker/hal2 mencurigakan lainnya,dengan standby di telpon jd kalau ada apa2 langsung lapor. What?! Hehe..langsunglah saya tulis ke buku komunikasi, blg klo saya ga bisa ngerjain ini. Bu guru butuh waktu untuk ngerti surat saya&akhirnya bilang kalau saya harus telpon ke wakil KepSek&juga PTA. Grr..saya mikir, ribet bgt sih, udah tau saya ga bisa bhs jepang&juga ribet punya anak kecil. lagian saya juga ga pernah daftar utk dpt tugas ini grrr..maksud hati tadinya ga mau ngerepotin org jd saya usaha sendiri nulis ke bu guru, tapi yaudah daripada makin miskom saya minta tlg teman (org jepang) yg dari TK dulu sering bantuin utk translate :s, utk telpon wakepsek. Dan ya ternyata emang prosedurnya hrs lwt wakepsek, lalu wakepsek ngehubungin PTA, trus PTA ngehubungin tmn saya&ngeganti kerjaan saya jadi tkg pungut sampah di dlm pagar, ga perlu omong2. Sebelum saya iya-in, sempet gemes juga sih, kok masih ngotot aja sih nih PTA nyuruh org yg punya anak kecil. Tapi suami blg, klo org jepang emg begitu, dari kita untuk kita istilahnya, ga bisa minta di kecuali-in. Yaa baiklah, tapi pas temen nawarin bantuan untuk bantuin ngomong pas hari H, dgn sombongnya saya tolak T.T, dlm hati biar mereka ngerasain susahnya ngomong ama akyu haha. Sampai 3thn tinggal sini, walau udah tau alesannya, masih aja gemes liat mamah2 gaya cantik tp gabisa bhs inggris sama sekali (expektasi > realiti = kecewa) hehe. Ya tapi bagaimanapun ini tanahnya dia jd ngalah aja deh :s
.
Pas ngerjain tugas mungut sampah, yg saya agak hopeless jg di tengah org jepang yg super rapi, rasanya susah nemuin sampah&sementara sampah daun jatuh ga termasuk. Wahaha bener juga kt suami, kerjain aja itu formalitas aja. Bener juga, saya malah dipasangin sama ibu2 jepang yg anaknya udah gede2&malah ngajak ngobrol sepanjang tugas wkwkwk sementara saya lbh ‘serius’ berharap nemu sampah haha.
.
Overall, Alhamdulillaah semua acara lancar & ditutup dgn makan malam indomie & tidur sore2 krn teler 🙂

 

 

Mau liburan ke Jepang tapi ragu sama makanan halalnya?Royal Indonesia jawabannya!

Jepang! Salah satu negara maju di dunia ini, memang ga ada habisnya untuk diceritakan ya 🙂 Berbeda dengan negara maju lainnya, Jepang punya ciri khas & keunikan sendiri ; dari mulai kebudayaan & adat istiadat yang masih dipelihara, penduduk yang sangat ramah dan sangat menghormati orang lain, tingkat kriminalitas yang sangat rendah dimana dompet-dompet yg terjatuh bisa kembali ke pemiliknya, kebersihan dan keteraturan di segala aspek, teknologi canggih yang membuat hidup jadi lebih praktis, fashion kekinian ala jepang, dan yang paling penting makanannya yang wajib banget dicoba!

IMG_5605

Salah satu ikon dan gunung tertinggi di Jepang, Fuji

Saya pribadi awalnya ga terlalu suka dengan makanan Jepang. Lidah Indonesia saya yang terbiasa dengan rasa & bumbu yang tajam serta pedas, ketika makan makanan Jepang rasanya ada yang kurang. Tapi setelah menginjakan kaki di Jepang, barulah saya jatuh cinta sama makanan Jepang! Bahan baku nya yang selalu fresh, olahan yang simple tapi bikin masing-masing bahannya lebih ‘keluar’ cita rasanya, dan cara penyajian yang unik, rapi dan cantik, bikin acara makan makin spesial!!

Di Jepang sendiri, aktivitas makan memang spesial. Sudah menjadi kebiasaan untuk selalu menyiapkan alas makan, handuk basah untuk membersihkan tangan/mulut, juga duduk. Persis dengan ajaran Islam ya, makan dengan posisi duduk, bukan berdiri. Menu ditaruh secara terpisah supaya rasa masing-masing menu masih terjaga. Dilengkapi dengan nasi lembut hangat khas Jepang, atau mie seperti soba, ramen, dan udon yang bisa dipilih hangat/dingin. いただきます/ Itadakimasu (selamat makan)..Slurrpp!!

Sayangnya, karena bukan negara yang bermayorotas muslim, kita harus berhati-hati saat memih restoran. Yang paling bikin hati nyaman juga puas untuk menyicip semua menu di restoran, ya pilih restoran halal. Tapi mencari makanan halal di Jepang, ga semudah di Indonesia karena hampir semua masakan Jepang mengandung mirin, sake, alkohol, juga dagingnya pun tidak disembelih sesuai ajaran Islam. Belum lagi kendala bahasa & tulisan yang hampir semuanya menggunakan kanji T_T.

IMG_5611

Masjid Camii. Populer karena indahnya arsitektur gaya Ottoman-Turki dan letaknya yang strategis di tengah kota Tokyo.

Paling nyaman memang memilih travel yang menyediakan makanan halal. Liburan kita juga jadi optimal karena ga usah pusing lagi mikir jadwal, makan dll nya. Saya merekomendasikan Travel Tour Wisata Jepang = Homepage (Royal Indonesia Travel) atau detailnya bisa lihat di link : Wisata Halal Jepang = ( Wisata Halal Japan, Halal Tour Japan Golden Route, Halal Tour Japan Kanto Theme Park, Halal Tour Japan Kanto Route)

Ada beberapa macam paket tur menarik yang ditawarkan. Salah satunya,Halal Tour Japan Golden Route Dengan biaya hanya belasan juta rupiah, kita sudah bisa menikmati indahnya dan ramahnya kota Tokyo dan sekitarnya selama 6 hari! Biaya tersebut sudah termasuk :

1. Penerbangan internasional kelas ekonomi PP dengan maskapai ANA, maskapai terbesar di Jepang.

2. Akomodasi, transportasi & makanan halal, sesuai program
Visa Jepang.

Jadi tinggal duduk manis menikmati istimewa nya Jepang, makanan dan keramahannya 🙂

3. Pemandu wisata.

Di negeri orang, apalagi di negara yang bukan termasuk english-speaking country, adanya pemandu wisata penting banget. Segala keunikan dan keistimewaan Jepang akan semakin bisa kita rasakan karena penjelasan dari pemandu wisata.

4. Asuransi perjalanan.

Ini juga penting banget, mengingat biaya kesehatan di Jepang yang sangat mahal.

Negara Jepang memiliki sistem pencegahan yang luar biasa detail, dan itulah salah satu yang membuat kualitas hidup di Jepang sangat tinggi dan sebaliknya resiko sakit dan kecelakaan kecil     . Alhamdulillah Royal Indonesia sudah memikirkan dan menyiapkan semua hal penting yang diperlukan pesertanya.

5. Tour leader dari Jakarta (min. 20 dewasa).

Selama 6 hari, banyak sekali yang bisa dikunjungi, diantaranya :

1. Mount Fuji dan museumnya

2. Oshinohakkai, mata air gunung  Fuji

3. Shizuoka Tea Plantation & MihonoMatsuhara, perkebunan teh terbesar di Jepang.

Teh merupakan minuman wajib di Jepang. Salah satu jenis teh yang terkenal yaitu Green Tea/Matcha. Khasiatnya menurunkan tekanan darah, kandungan gula dalam darah, anti-aging, menurunkan lemak dan memerangi kanker.

Biasanya di tiap restoran, disediakan teh secara gratis. Teh juga tersedia di supermarket, convenience store dan vending machine yang tersebar di hampir semua sudut kota. Uniknya, kita bisa memilih minuman hangat/dingin. Biasanya untuk musim dingin, banyak disediakan minuman hangat, dan sebaliknya. Dan bukan hanya minuman, tapi berbagai snack dan kebutuhan lain juga bisa dibeli di vending machine loh. Wajib untuk dicoba ya belanja di vending machine 🙂

4. Kiyomizudera Temple, kuil terbesar dijepang yang terletak di Kyoto

5. Menelusuri Sannenzaka dan NinnenZaka. Berada di sini seperti kembali ke masa lalu, diantara bangunan tradisional yang tetap dilestarikan

6. Menelusuri Jalan Hanami Koji yang eksotis, di kota Gion. Disini bangunan tradisional juga dilestarikan. Kalau beruntung, kita bisa bertemu Geisha dan Maiko disini.

7. Kyoto Station

8.Mengunjungi Mihonomatsubara, dimana kita bisa menikmati indah dan megahnya Gunung Fuji yg seakan berada tepat di belakang deretan pohon pinus sepanjang pantai.

9. Berbelanja di Gotenba Premium Outlet Mall. Berbagai merk premium jepang dan internasional ada disini. Sambil belanja kita juga dapat menikmati keindahan gunung Fuji. Beruntung jika kita datang saat musim sale yang biasanya diadakan di tiap akhir musim.

10. Mengunjungi Yokohama China town

11. Yamashita park / Yokohama Red Brick Warehouse

12. Daiba park, merupakan pantai buatan yang dikelilingi pusat perbelanjaan dan hiburan.

13. Mengunjungi Akibahara, surganya pecinta elektronik atau mainan 🙂

14. Mengunjungi Asakusa, dimana terdapat kuil dan toko suvenir , juga Ginza dimana banyak terdapat banyak butik ternama merk jepang atau internasional.

Wihh banyak banget kan yang didapat selama 6 hari 🙂 Insya Allah puas dan bikin ketagihan jalan-jalan ke Jepang 🙂

Insya Allah dengan memilih travel khusus halal tour, hati lebih tentram dan perjalanan liburan juga ada nilai ibadahnya  karena disela tur selalu ada jadwal shalat dan makan pun dijamin halal. Sstt..selain ke Jepang, Royal Indonesia juga menyelenggarakan tur haji, umrah, wisata ke berbagai negara seperti Turki, Mesir, Jordan, Jerman, Dubai, Spanyol, Maroko,  Korea, Australia, Bosnia, Palestina dan Cina. Mereka juga menyediakan tur ke beberapa destinasi wisata lokal seperti Lombok, Manado dan Padang. Harganya juga terjangkau loh, dan komplit. Asik banget kan! Yuk pesan sekarang 🙂

Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno hatta Cengkareng, Ini Baru Bandara!:)

Late post yg akhirnya ke posting jg setelah beberapa kali mau pas mau ngeklik, ada yg oek :’-

Buat yg tinggal diluar kota, mudik jadi wajib ya setiap lebaran. Tapi buat yg diluar negeri, jarang yang mudik karena ga bertepatan sama libur panjang. Biasanya mudik di libur panjang sekolah yang ada setiap 4 bulan sekali (asik ya hehe) / klo kepepet harus mudik karena ada urusan.hehe alasan ke-2 ini yg bikin saya mudik beberapa kali hehehe antara rezeki sama kepepet juga sebenernya :p.
.
Setelah mudik dengan 1 anak 5tahun&bayi, selanjutnya mudik dengan bayi saja, saking kepepetnya :p. Awalnya ga ngebayangin mudik sama bayi doang, kebayang ribetnya karena ga ada si kakak yg siap ngebantu ibunya yg rempong 😀 Juga kurang seru karena si bayi belum terlalu expresif ga kaya kakakknya yg setiap mau naik pesawat heboh.hehe. Eh ternyata sedikit lebih mudah karena full 7 jam di pesawat ga perlu ke toilet karena ga ada yg harus dianter ke toilet heu..plus ga ada drama klo emak rempong sampe lupa minta seat deket jendela T_T penting banget itu.
.
Oh ya foto ini waktu terakhir mudik bersama bayi.hehe..Pertama kalinya mendarat di terminal 3 Ultimate. yuhuyy, ini baru bandara internasional ^^! Sejak Mei 2017, semua penerbangan Garuda Indonesia Haneda-Jakarta mendarat & berangkat dari terminal 3 bandara internasional soekarno hatta cengkareng. Areanya luas & kayaknya baru Garuda aja jadi makin terasa luas. Walaupun masih agak sepi, restauran udah lengkap. Di gate 8 juga ada area bermain anak. Seru!dan karena keberangkatan tengah malam, serasa milik sendiri area bermainnya :D. Area tunggunya juga nyaman..ada kursi yg bisa setengah tiduran juga..ada TV juga di tiap sudut. Karena pas dateng uda ramee banget & repot nemenin bayi jalan2 jadi ga sempet kefoto juga deh ni ruang tunggu :s
.
Tapiiii…(ini mungkin yg bikin ‘seru’ tiap mudik, ada aja masalahnya hehehe) yang aga membingungkan karena di terminal kedatangan internasional, mobil ga bisa drop off ngambil/nurunin penumpang. Jadi cuma ada area parkir, dimana seperti biasa area parkirnya penuh T_T. Juga jangan harapkan terhubung dengan wifi gratisan :s. Saat itu saya beruntung banget ternyata setelah berbulan-bulan ga diisi pulsa, ternyata no hp indo masih aktif&bisa WA an! ajaib bener deh..
.
Jadi akhirnya waktu itu saya jalan ke area keberangkatan, sambil gendong bayi & koper jumbo. Ga mudah, karena si bandara bagus ini kan guedeee jadi butuh 30menit an jalan ke area keberangkatan & jangan lupa koper harus diangkat utk discanning lagi T_T grrr tinggal ngambek nyuruh si petugas naikin&nurunin koper :s
.
Nah untuk yg mau cari taxi lebih PR lagi karena di terminal 3 ga ada taksi. Jadi harus ke terminal 1/2 naik shuttle bus, tapi (lagi-lagi) ga koper friendly :s. Saya sempat lihat  shuttle bus ini ada di gate 3, area keberangkatan ya. Anehnya area keberangkatan yg kita lihat banyak mobil nge-drop off, ada tulisan ‘tdk boleh drop off, silahkan parkir’ ..yaa begitulah..

Ke Tokyo, Yuk!!

Kebetulan banyak teman dan saudara yang akan datang ke Tokyo. Nah sekalian aja saya tulis tips jalan-jalan ke Tokyo disini 🙂

DO :

  1. Bahasa Inggris ga laku, hehehe. Kalau kamu ke sini tanpa teman/guide & kamu ga bisa bahasa Jepang, wajib deh bawa kamus. Setelah sempat frustasi krn ga bisa komunikasi dengan kebanyakan orang disini, baru saya paham justru karena ini negara maju, semua sudah disediakan dgn bahasa & tulisan Jepang, jadi mereka ga perlu bisa bahasa Inggris. Semakin kita berusaha mengulang pengucapan bahasa Inggris dgn benar, mereka semakin ga ngerti karena jenis huruf romawi vs jepang saja sudah beda. Mereka mengerti bahasa Inggris yang sudah di bahasa Jepangkan, misal : elevator => erebeta. escalator => esukareta. chocolate => cokoreto.Kalau kamu beruntung bisa kenal dengan orang Jepang yang bisa bahasa Inggris dengan lancar, biasanya mereka pernah tinggal di negara lain. Kalau kita kan rata2 lulusan S1/SMA saja sudah bisa lah bahasa Inggris walaupun sedikit-sedikit 🙂
  2. Masalah bahasa ini jadi penting banget terutama buat muslim untuk mencari makanan halal.

Resto halal bisa di cari di :

  •            http://www.muslim-guide.jp/restaurant/
  •            http://halalnavi.com
  •            http://www.halalmedia.jp/archives/944/list-halal-restaurant-bento-online-store-japan/

Berikut fanpage/grup facebook yang mereview produk halal/boleh dikonsumsi muslim :

Panduan huruf kanji halal-haram bisa dilihat di :

Daftar toko penyedia bahan pangan Halal

a. Ninomiya

Click to access 201507_catalog.pdf

b. Baticrom
http://baticrom.com

c. Toko Indonesia
http://toko-indonesia.org

d. Nasco
http://www.nascohalalfood.com

e. Smile Infinity
http://www.smile-8.jp/

f. Sonali
http://www.onlinehalalfood.com

g. Al Flah
http://www.al-flah.com

h. Probashi
http://www.probashihalalfood.com

i. Al Azhar
http://mall.azhar.jp/oc/

Kalau mentok ga nemu resto yang halal certified (karena memang hanya di beberapa tempat), biasanya saya pilih resto yang kelihatannya bukan resto makanan Jepang (karena kebanyakan makanan Jepang tidak bisa dimakan oleh muslim), terus nanya : “Niku (daging) to (dan) arukooru (alkohol) ga haitteinai (tidak mengandung) menyuu (menu) wa arimasuka (ada ga) ?”
3.  Bawa alas solat, bisa tiker/plastik tebal, yg penting bisa dilipat. Walau sekarang beberapa tempat sudah menyediakan ruangan sholat, seperti bandara & restoran halal, tapi jumlahnya masih sedikit. Tempat favorit kami biasanya di pojokan taman, pojokan tangga darurat, pernah juga terpaksa di stasiun, yang penting usahakan tidak di tempat yg ramai/lalu lalang orang.

Buat muslimah, pakai jilbab panjang dengan rok uda paling enak jadi gausa ganti mukena lagi 🙂

4. Wudhu di wastafel perlahan, usahakan tidak banyak air yg menyiprat ke meja wastafel/lantai. Lap air yg menyiprat dengan tissue. Kebiasaan orang Jepang, toilet & wastafel nya selalu dlm keadaan bersih & kering.

5. Kalau susah melepas kaos kaki, mengusap kaos kaki saja sudah cukup, dengan syarat ketika memakai kaos kaki itu kita sudah dalam keadaan berwudhu (utk bermukim, diizinkan mengusap tanpa membuka kaos kaki selama sehari semalam, utk safar 3 hari). Jadi walau sudah batal wudhu, kita tinggal menyeka kaos kaki dgn sedikit air saja saat wudhu.

6. Orang Jepang benar-benar tertib dalam banyak hal. Biasakan kita juga tertib, antri, sabar menunggu giliran (tidak berdesakan) saat akan menaiki kereta/bus/elevator/eskalator/fasilitas umum lainnya. Berikan jalan untuk orang lain keluar dari kereta/bus/elevator terlebih dahulu, setelah itu baru kita masuk sesuai antrian.

7. Elevator boleh digunakan untuk ibu hamil, ibu yang membawa anak kecil, orang tua, orang berkebutuhan khusus (menggunakan tongkat/kursi roda). Kalau kamu bukan termasuk yg disebutkan itu, naik eskalator/tangga aja ya 🙂

8. Di tiap ujung gerbong kereta juga biasanya ada tempat duduk khusus untuk ibu hamil, ibu yang membawa anak kecil, orang tua, orang berkebutuhan khusus (menggunakan tongkat/kursi roda). Kalau kamu bukan termasuk yg disebutkan itu, duduk di tempat yang lain/berdiri aja ya 🙂 Orang Jepang juga ga fanatik kok ama tempat duduk, ga akan dulu-duluan berebut tempat duduk kosong. Sering juga terlihat banyak orang berdiri padahal ada bangku yang kosong.

Melihat saya dan anak saya (1 bayi di stroller, 1 umur 5 tahun) berdiri, mereka sering menawarkan tempat duduknya yang kemudian dengan senang hati kita sambut, hehe. Tapi giliran suami saya menawarkan tempat duduknya ke ibu Jepang yang menggendong bayi/orang tua, mereka menolak. Katanya sih, kalau mereka menerima tawarannya berarti meng-iyakan kalau mereka sudah tua banget.hehehe.

9. Beri jalan/duduk jika kamu melihat ibu hamil, ditandai bukan dgn perutnya tapi dgn pin bergambar ibu dan anak yg biasanya di gantung di tas. Saya pernah “terselamatkan” karena pin ini. Waktu itu kereta penuh sekali, saya sedang hamil tapi perut ga kelihatan besar karena tertutup jaket. Tapi mungkin karena orang ini melihat pin saya, dia memberikan tempat duduknya ke saya 😀 yeayy hehehe

images

Pin ibu hamil di Jepang

10. Umumnya, orang-orang berdiri di eskalator bagian kiri. Eskalator bagian kanan untuk orang yg ingin mendahului.

11. Pastikan baju yang dibawa sesuai musim ya.

Musim dingin (suhu 0-dibawah 10) : bulan Des – Mar. Wajib pakai jaket winter ya, banyak kok yang jual di Indonesia. Kalau mau yang murah banyak juga kok yang jual bekas hehe, salah satunya dulu saya pernah beli juga di Plaza Bintaro, Tangerang.

Kalau mau sabar sedikit, lebih baik beli barang bekas di Jepang karena lebih banyak pilihan, lebih bagus & lebih murah juga. Yang paling terkenal toko pakaian bekas mode-off. Ada juga hard-off untuk perlengkapan rumah, book-off untuk toko bekas, hobby-off untuk toko mainan bekas.

Untuk yang tahan dingin sih, bulan Maret bisa juga turun grade ke jaket autumn, seperti saya 😀

Musim semi (suhu belasan-20an) : bulan April – Mei.bisa pakai jaket yg biasa dijual di Indonesia.

Musim panas (suhu mendekati 30) : Juni – Sept.bawa baju paling tpis yang kamu punya hehe asal ga nerawang :p

Musim gugur (suhu belasan) : Okt-Nov. Umumnya pakai jaket yang lebih tebel dari yg biasa dipakai di Indonesia. Kalau untuk yang ga tahan dingin, bisa mulai pakai jaket winter.

12. Cek perkiraan cuaca di : http://www.jma.go.jp/jma/indexe.html.

Kalau hujan, baiknya beli payung besar (bukan payung lipat). Payung lipat cuma bisa dipakai kalau hujannya malu-malu alias gerimis. Hujan gede dikit, ditambah angin dijamin kebolak balik payungnya hehe.

Orang Jepang update banget ama perkiraan cuaca, jadi berasa saltum (salah kostum) klo liat orang lain bawa payung dan pakai sepatu boot tapi kita ga bawa apa2.

13. Satu lagi sifat baiknya orang Jepang, kalau kita naik elevator, mereka pasti dulu-duluan jadi penjaga tombol , mempersilahkan orang lain keluar duluan dan menjadi yang terakhir keluar. Kalau ada yang mau masuk, setelah keluar dia akan jagain pintu nya supaya ga ketutup. Segitu baiknya ya 🙂 Ga ada salahnya ya meniru sifat baiknya orang Jepang 🙂

14. Tempat wisata murah bisa cek di :

15. Karena frekuensi jalan kaki akan meningkat drastis dibanding kita di Jakarta, paling nyaman sih pakai sepatu olahraga. Biarin ga matching atas gamis/dress bawah kets, yang penting nyaman. Note : Semua sepatu cantik yang saya bawa dari Indonesia dalam beberapa kali pakai langsung jebol hehehe.

16. Layanan internet paling enak sih sewa portable wifi/modem di bandara. Keluar bandara dijamin pusing karena jarang yang bisa bahasa inggris. Dari pengalaman sepupu yang kemarin datang, hargmalah hampir sama aja dibanding mengaktifkan layanan roaming internasional, dan sinyalnya lebih bagus wifi yg disewa di Tokyo.

17. Asal internet sudah on, asik deh bisa jalan2 sendiri naik kereta/bus dgn bantuan googlemap.

Yang penting diketahui :

  • Perhatikan arah tujuan kereta
  • Umumnya kereta ada 3 jenis : lokal, semi express, express.  Express hanya berhenti di stasiun besar, lokal berhenti di semua stasiun, semi express kombinasi antara express&lokal. Nah keterangan jenis kereta ini ga ada di google map, tapi ada di board di tiap stasiun. Di board ini kita bisa lihat stasiun tujuan kita dilewati kereta jenis apa aja. Jenis kereta juga bisa dilihat di layar/display yg menampilkan jadwal kereta, sabar aja biasanya displaynya gantian menampilkan bahasa jepang&inggris. Biasanya kereta local ditandai dgn huruf hijau dan kereta express dgn warna merah. Di dalam&luar kereta juga biasanya ada display yg menunjukkan jenis kereta.
  • Beruntung di dalam kereta pengumumannya sudah ada dalam bahasa Inggris. Sebelum berhenti akan diumumkan nama stasiunnya dan di pintu mana (kanan/kiri) kita harus turun.
  • Untuk bis, ketika nama pemberhentian yg dituju sudah disebut, silakan pencet tombol yg ada di tiap tempat duduk. Bus hanya akan berhenti jika ada penumpang yang pencet tombol.

18. SIM card disini umumnya sistem paket/kontrak/cicilan dengan hp nya, jadi ga kaya di Indo yang bisaa beli SIM card terpisah.

DONT’s :

  1. Menaikkan kaki ke wastafel saat wudhu di tempat umum.
  2. Nelpon/ngobrol heboh/membiarkan anak nangis di kereta/bis. Dijamin salting (salah tingkah) klo ditatap tajam sama orang Jepang.
  3. Lampu penyebrangan jalan ada 3 jenis : merah – berhenti, hijau – jalan,  hijau kelap kelip – dulu ini saya pikir boleh aja jalan, ternyata lebih baik kita tunggu lagi sampai lampu hijau tanpa kelip menyala lagi 🙂

Sekian, semoga bermanfaat 🙂

 

Mall Anpanman

Karena kemana2 disini naik kereta, klo jalan2 nya santai & waktunya msh cukup, diusahain bisa ke beberapa tempat biar skalian irit ongkos :). Nah kemaren ini abis dari yodobashi, tempat jual alat elektronik, hp, mainan..lengkap kaya glodok kali & lumayan berisik ama pengumuman yg di setel berulang2 dlm bhs jepang&cina sepertinya 🙂

Dari yodobashi, lanjut ke mall & museum anpanman di yokohama jg 🙂

Ada patung anpanman sebesar rafan, pas keluar dr stasiunnya :)

Ada patung anpanman sebesar rafan, pas keluar dr stasiunnya 🙂

Klo di Indonesia&negara2 lain mungkin kartun jepang paling terkenal doraemon ya utk semua umur. Tapi disini Anpanman yg lebih terkenal, terutama utk anak2 balita. Rafan baru kenal anpanman waktu daftar TK, krn peralatan sekolah nya banyak yg gambar anpanman. Ternyata anpanman itu kaya superman (bisa terbang) tapi terbuat dari roti coklat. Ada satu adegan lucu waktu anjingnya nangis, eh si anpanman motek (apa ya bhs indo yg bnr, mencuil kali ya) kepalanya buat dimakan sama anjingnya. Heheh rafan suka banget adegan ini suka dia ceritain berulang2.

Ini dia anjing nya yg nangis trus dikasih roti ma anpanman ;)

Ini dia anjing nya yg nangis trus dikasih roti ma anpanman 😉

Nah sebenernya awalnya cuma mau ke bianglalala/kincir raksasa yg ada di minato mirai, tp pas lihat web nya ehhh ada museum dan mall anpanman : http://www.yokohama-anpanman.jp/main.html. Yaudah demi anak, kita ke mall anpanman dulu baru plgnya ke minatomirai.

Karena lumayan ya masuk museum nya 1500yen alias 150rb per orang, jd kita ke mall nya aja yg berada dalam 1 gedung sama museum anpanman. Hehe tetep irit

Di mall nya semua serba anpanman ; semua toko jual nya hanya aksesoris, mainan, makanan & roti bentuk anpanman & teman2 nya. Ngiler bgt sama toko roti nya, sayangnya roti katanya banyak mengandung macem2 yg ga halal jd pasrah makan bekal dr rumah & jajan onigiri aja bentuk anpanman jg, cari yg isi ikan. Oya sampe toilet&tempat ganti popok nya semua penuh gambar anpanman..sayang ga sempet motret krn uda mau tutup waktu itu.

Sama jam ojisan alian uncle sam, pembuat roti yg bisa ngeganti kepala anpanman yg potek hehehe

Sama jam ojisan alian uncle sam, pembuat roti yg bisa ngeganti kepala anpanman yg potek hehehe

Pipi anpanman bulet ya..pasti nguleninnya pegel tuh :D

Pipi anpanman bulet ya..pasti nguleninnya pegel tuh 😀

Jam 5an sudah tutup ya ini mall..ditandai sama petugas berseragam yg pada standby/berdiri di tiap sudut :)

Jam 5an sudah tutup ya ini mall..ditandai sama petugas berseragam yg pada standby/berdiri di tiap sudut 🙂

Yeayy ketemu sama kartun fav baru..anpanman ;)

Yeayy ketemu sama kartun fav baru..anpanman 😉

Jalan pulang menuju stasiun..jalannya besar,kaya di sudirman-thamrin mungkin banyak gedung kantor tinggi, tp jauh lbh lengang kaya lg musim pulang kampung di jkt :)

Jalan pulang menuju stasiun..jalannya besar,kaya di sudirman-thamrin mungkin banyak gedung kantor tinggi, tp jauh lbh lengang kaya lg musim pulang kampung di jkt 🙂

Walau mall nya kecil, rafan betah bgt karena ada satu toko mainan yg ngebolehin anak2 mainin display yg dijual + jg ada ruangan bermain puzzle dll nya..gratis hohoho :). Jgn lupa bikin perjanjian ya klo ngajak anak ke tempat “berbahaya”, misal : beli hanya yg dibutuhkam/malah ga beli sama sekali..anak2 lbh pinter kok dr kita..pasti ngerti klo uda ada kesepakatan sebelumya.. (Paling ortu aja kan yg kadang malah jd ga tega trus pgn beliin…ngaku hayo :p — nyolek author yg 1 lg :p)

 

Jalan-jalan ke Ikon Tokyo dan Yokohama

Ga kerasa sudah 3 bulan menetap di Tokyo 🙂 Rasanya belum banyak sih tempat yg dikunjungi, alasannya karena sang suami sibuk belajar di rumah, cuaca yang dalam seminggu pasti ada 2/3 hari nya hujan dan juga kegiatan kumpul2 orang Indonesia yang juga cukup banyak. Alhamdulillah setiap minggu hampir selalu ada jadwal pengajian dari grup mahasiswa Tokodai, grup ibu-ibu Tokyo, grup keluarga mahasiswa/i Tokodai, juga grup ibu-ibu Yokohama 🙂 Senang berkumpul dengan saudara seiman, apalagi saat kumpul2 juga saatnya berbagi makanan halal ke sesama 😀 🙂 Rafan aja girang klo diajak pengajian (heheh tau aja dia makan enak :p)

Nah, prioritas tempat wisata yang dikunjungi tentunya ikon kota tempat kami tinggal sekarang 🙂 Karena kita tinggal di Tokyo tapi udah di perbatasan banget sama Yokohama, jadi Tokyo Sky Tree dan Minato Mirai ini wajib dikunjungi ya walau hanya untuk foto-foto 🙂

About

Tokyo Sky Tree merupakan menara tertinggi di Jepang (dan juga di dunia, tercatat di Guiness Book of Record thn 2011) yang berfungsi sebagai pemancar transimisi. Kita bisa naik ke tokyo sky tree dengan biaya sekitar 2000 yen/200rb rupiah per orang. Dari atas , kita bisa lihat pemandangan kota tokyo dan katanya kalau udara cerah kita bisa lihat gunung Fuji juga loh 🙂 Sayangnya kita kesana pas maghrib itu orang penuhh banget ngantri mau naik & yg duduk2 di pelataran menunggu lampu-lampu menara nyala, lebih banyak lagi 😀 Jadi kita memutuskan untuk ikutan nunggu lampu tokyo sky tree nyala aja (bilang aja ngirit hehehe). Di pelataran tokyo sky tree juga ada mall, resto, toko mainan/suvenir, juga ada aquarium besar (seperti seaworld) dan juga planetarium. Untuk lebih detailnya bisa lihat di sini ya : http://www.tokyo-skytree.jp/en/index.html

Sama dengan Tokyo Sky Tree yang letaknya di pusat kota Tokyo, Minato Mirai juga terletak di pusatnya kota Yokohama. Lebih lengkapnya disebut Minato Mirai 21; Minato = Port, Mirai = Future, 21 maksudnya abad. Jadi harapannya supaya Yokohama memiliki masa depan yg cemerlang di abad 21, gitu kira2:). Kompleks Minato Mirai 21 ini cukup besar dan terdiri dari bangunan perkantoran, pelabuhan, mall, dll. Nah, kalo kita milih untuk ngunjungin Yokohama Cosmo World yg ada di kompleks MinatoMirai21. Cosmo World ini taman bermain di pinggir laut. Masuk ke cosmo world gratis tapi untuk naik ke tiap wahana bayar lagi. Untuk wahana yg besar seperti kincir raksasa dan roller coaster biayanya sekitar 600 yen / 600rb rupiah. Lebih lengkapnya bisa di cek di : http://www.minatomirai21.com/eng/

Akses

Alat tranportasi utama di Jepang adalah kereta, dan yang kedua bus (biasanya jangkauan daerahnya lebih kecil dari kereta). Tapi jangan khawatir, walau ga bisa bahasa Jepang, dijamin gampang deh pergi kemana aja naik kereta, bus, atau jalan kaki asal punya tiket kereta (Pasmo/suica), alamat tujuan jelas dan koneksi internet & gadget lancar 🙂 Karena semua rute, jadwal, navigasi GPS bisa dengan mudah&lengkap ada di Google Map 😀

Ini cara dan contoh mengetahui akses dari tempat tinggal saya ke Tokyo Sky Tree/Minato Mirai :

1. Buka aplikasi google map, nyalain setting GPS, ketik lokasi starting point dan tujuan

TIPS : Untuk gedung, mall, dan tempat2 besar cukup tulis nama tempatnya dan daerah akan otomatis muncul sendiri. Tapi untuk perumahan, misal mau ke rumah teman harus pake alamat lengkap ya

2. Dari google map akan keluar beberapa pilihan rute, lengkap dgn nama line kereta, jadwal, waktu perjalanan di kereta, berapa lama harus jalan kaki ke tempat tujuan (setelah turun dari kereta), juga biaya yg diperlukan. Jadi jangan khawatir, walau ga bisa bahasa Jepang insya Allah bisa kok kita jalan-jalan kemana aja asal gadget & koneksi internet OK 🙂

TIPS :
– Walau line nya sudah ditulis, jangan lupa pastikan kita ke arah yg benar ya misal seperti gambar di bawah ini naik denentoshi line arah ke (towards) oshiage
– Disini utk 1 line & tujuan ada 2 jenis kereta lagi ; express/rapid & lokal. Kereta express hanya akan berhenti di stasiun besar jadi waktu tempuh nya akan lebih cepat dibanding kereta lokal yang akan berhenti di semua stasiun. Untuk tau tujuan kita dilewatin kereta lokal/express, bisa liat di plang yang ada di tiap stasiun, atau ikutin persis aja jadwal kereta yang ditulis di google map ini

Screenshot_2014-12-30-20-26-43

3. Setelah kita milih rute yg kita inginkan, misal bisa berdasar yg paling murah / paling cepet / paling sedikit jalan kaki, tinggal ikutin deh petunjuknya yaitu nanti akan ngelewatin berapa stasiun, turun di stasiun mana, sampe ikutin arahan navigasinya sampe ke depan tempat tujuan kita 😀 gampang kan

Screenshot_2014-12-30-19-58-06

4. Nah, sudah sampe di tempat tujuan silakan foto sepuasnya deh 🙂 Asal tetap sopan & ngantri ya, juga jangan sembarangan motret orang :s

cosmo world, minato mirai

cosmo world, minato mirai

IMG-20141227-WA0006

Dari balkon queen square, mall di pelataran cosmo world 🙂

Nasib pake cam di hp :s, gelap

Nasib pake cam di hp :s, gelap

 
 

Gayanya si yapann

Gayanya si yapann

Ketemu patung robot apa nih, lupa di mall pelataran tokyo skytree

Ketemu patung robot apa nih, lupa di mall pelataran tokyo skytree