Welcome summer holiday

Ditulis saat liburan :

Yeay Alhamdulillah mekar juga bunga asagao nya rafan 🙂
Ini salah 1 PR musim panas : bawa pulang tanaman yang uda dlm kondisi memprihatinkan haha krn kering kepanasan&tukang kebun nya (rafan) suka lupa nyiramin haha (liat surat cinta nya rafan yang ditulis di sekolah:maaf ya bunga suka lupa disiram T_T
.
Yang lebih nervous pas tau bunga hrs dibawa pulang DAN setelah libur 40harian, harus dibawa ke sekolah lagi, tentu saja emaknya!hehe.
Walau dari kecil suka disuruh nyiram tanaman, tapi ga pernah segitu beratnya tugas menghijaukan lagi tanaman yang uda mau mati heu. Jaman SMP juga disuruh nyetek klo ga salah, tapi ya beli aja ama tukang taneman!(bandel heu).
.
Juga malu sama ibu2 Jepang yg uda pasti lebih telaten, hik!keliatan juga klo yg anak2 cewe, tanemannya masih mayan seger hehehe. Yg anak2 cowo pada layu haha. Setelah konsul ama pakar tanaman hehe nenek @sitifatimah1501 mulailah disiram pagi-sore sebanyak 1 botol aqua, yg emang uda disedian di potnya. Ga lama sih uda menghijau lagi, dan ingat kata nenek yg kuning2 mau layu di petik aja, taro di tanah biar jadi pupuk kali. Alhamd ga lama hijau lagi&ini stelah 2 minggu tumbuh bunga lagi. yo super excited!!
.
Ternyata tahan banting jg ya asagao ini, awal Juli di sekolah uda sempet berbunga, trus hampir mati&sekarang tumbuh lagi!
Ga lupa, tiap nyiram kita bilang : asagao, tumbuh lagi ya yang banyak bunga nya 🙂
.
Dari sekolah uda disedian catatan pertumbuhan bunga. Tiap ada yang tumbuh, bunga nya diwarnai+tanggal+bulan kapan tumbuhnya. Salah 1 bunga juga diminta di taruh di freezer. Ribet emang, tp luar biasa cara orang Jepang menanamkan cinta tumbuhan sejak kecil
.
Selain merawat bunga, ada segambreng PR lainnya. *Diary harian:hal yg paling diingat di hari itu, pencapaian target harian (utk rafan:solat&belajar bahasa indonesia)
*sedikit matematika&hiragana
*karangan lain2 yang saya juga belum ngerti instruksinya heu nunggu bantuan temen
* Dan projek bebas, yg nantinya akan dipamerin di acara sekolah. Deg!nervous lagi emak T_T. Ngikutin minatnya rafan, kita mau bikin monas&tokyo skytree, dari kardus bekas& fun fact ttg indonesia vs jepang
.

Ditulis setelah liburan :
Lanjutan cerita ttg tugas liburan musim panas Rafan
.
Dari PR musim panas sbb :
1. Matematika, masih di penambahan/pengurangan 1-10 saja.
.
2. Menulis Hiragana.
.
3. Menulis diary : *Hal paling menarik hari ini
*Cuaca hari ini
*Target harian. untuk Rafan : berdoa(termasuk sholat)&belajar pelajaran Indonesia(termasuk hafalan,hijaiyah)
*Pencapaian target harian
*Menulis tentang (boleh beserta foto) hal yang paling menyenangkan selama liburan.
Rafan : naik mini coaster pertama kali
*Pencapaian target besar selama liburan
Rafan : Baca 20 buku, Latihan renang&judo tiap minggu
*Menulis ttg hal menarik yg ditemui saat liburan, misal : ketemu serangga, kerang di laut, dll.
Rafan : ketemu bebek :s
.
4. Menulis diary bunga asagao :
*Dari sheet bergambar asagao yg sudah disediakan, setiap ada bunga yg tumbuh, dicatat tanggal, bulan&diwarnai bunga nya. Kebetulan bunga Rafan kadang ungu, kadang biru. *Menggambar asagao & menuliskan karangan tentangnya.
Rafan : takjub saat suatu hari tumbuh 7 bunga sekaligus dalam sehari.
.
5. Mencatat judul buku yang sudah dibaca selama liburan (disediakan 20 kolom)
.
6. Project bebas.
Rafan : fun fact indonesia vs jepang & miniatur sederhana monas vs tokyo skytree
.
7. Hal yang sepele tapi penting banget : rule dalam bermain game/socmed.Walau sempat bingung jawabnya krn Rafan main game dr hp ayah aja&jarang. Socmed blm ngerti.Tapi ga dipungkiri jaman sekarang mungkin ada anak kelas 1 SD yang udah dibolehin main. Kalaupun ga ada, bagus bgt jg sebagai preventive. Jadi saat ortu membolehkan,anak uda tau aturannya
.
Saya lihat anak Jepang masih lebih ‘alami’ krn banyak taman bermain dekat rumah&SD nya luas banget buat lari.
.
Yg paling menarik cara bikin anak senang dgn tanaman, dr mulai merawat, mencatat kapan bunga tumbuh, membuat karangan&gambar, juga menyimpan salah 1 bunga di freezer.
.
Juga kalau dilihat ada diary, target harian, target bulanan. Aww complicated!klo saya baru ngalamin itu pas kerja haha tp disini barang anak TK jg identifikasi nya udah jelas, sampe tutup spidol,underwear, popok,sepatu jg ga lewat dinamain.Di pabrik dulu perasaan susye bener wkwk
.
#sekolahdijepang#pengalamandijepang#japaneseschool#jalanjalanjepang#jepang

Workshop Exhibition Tsuruma Youchien

Pagi ini semua orang tua Tsuruma Youchien atau TK Tsuruma diundang untuk lihat hasil karya anak-anaknya. Hua…bagus-bagus banget hasil karya anakku & anak-anak lainyaa hikk jadi terharu 😀

Gambar Muka

Lucuuu bangett :D

Lucuuu bangett 😀

Ini dipajang di depan kelas nya..lucu banget & kok bisa mirip sama wajah2nya sih :)

Ini dipajang di depan kelas nya..lucu banget & kok bisa mirip sama wajah2nya sih 🙂

Menulis Huruf Hiragana

10450584_10152588035729426_5069625362059282650_n

R untuk RAFAN mungkin 🙂

 


Membuat Kue 

10696205_10152588036759426_16727502450474593_n

Rafan bisa ngenalin yg mana yg punya dia..Entah uda apal namanya dlm katakana / apal sama hasil kreasinya sendiri 🙂

 

10406700_10152588036859426_8477942128341597074_n

Kata Rafan : cara bikinnnya pertama pake karton (emang keliatan ini dalemnya karton/dus tetrapak ) trus ditempelin lem..trus ditempelin kue nya..trus dikumpulin jadi deh 😀

 

Kalender 2015

Pas main ke kelas sebelah, teryata sama juga semua bikin kalender..tp klo kelas playgroup tinggal nempel bentuk sapi..klo kelas lain sapi nya ada yg dibikin dari benang wol, lebih sulit :). Kenapa sapi ya, apa tahun depan tahun sapi eh domba ? 😉 belum tau saya

10349970_10152588035664426_8750166800929427475_n

Hasil Karya Harian

Yang ini karena Rafan anak baru (baru 1 bulan sekolah) jadi baru dapet 1 karya..Kalau teman-temannya uda banyak karya nya.. 🙂

1725083_10152588036679426_3209181887360068200_n

Seru nya juga, karena Rafan sudah mulai hafal beberapa nama temannya (Dunna chan, Yuyu kun, Natsuki kun, Otta kun..hihi baru itu aja yang dia sering sebut), sama sensei nya ditunjukkin foto2 temannya yg disebut tadi..karena kebetulan belum datang teman-temannya yg disebut itu..

Senseinya bilang Rafan banyak temannya, banyak bicara bahasa Jepang seperti : “dame, kawaii, arigatou, do itashimashite, gomenasai, daijobu, itadakimasu” hixx pinternya anakku. Kalau makan kadang lama, tapi tetap mau makan sendiri & uda berapa minggu ini juga makannya selalu habis 🙂 Alhamdulillaah..Juga sekarang sudah bisa ke toilet sendiri, tapi tetap izin ke guru nya “Maiko/Mio sensei, oshikko (pipis)”. Dan sebelum pulang emang sempet nyuruh Rafan pipis sekaligus pengen lihat gimana cara dia pipis di sekolah..SUGOI rafan!!!:D 😀 😀

Lucunya juga, ga hanya Rafan yg belajar bahasa Jepang, tapi sensei nya jg jadi hafal bhs Indonesia, hehe..Sensei nyebut & sambil meragain arti kata yg Rafan suka sebut, lalu saya nebak dlm bahasa Jepang/Inggris, semampunya 😀 : “Tas” / “Baggu, Kaban” , “Topi”/”Hat”/”Boschi”, “Jas”/”Blazer”, “Jaket”/”Jaketo”..nah trus sensei mikir agak lama..mmm..saya lumayan gampang nebaknya krn yg disebut ini kan perlengkapan yg nempel sama badannya Rafan setiap hari : “SELENDANG??”/” Aa…haik haik selendang..??/ “Scarf” :D. Heheh gatau ini perasaan kita selalu bilangnya “syal” tapi Rafan seringnya bilang selendang..hehhe…Jadi sejak pulang dari workshop hari ini, Rafan mulai diajarin utk nyebut nama barang2nya dia dgn bhs inggris (yg sering dipake org Jepang / bhs jepang nya langsung — tergantung kemampuan pengajarnya di rmh :p hohoho

Sensei juga nanya apa Rafan seneng sekolah? iya seneng banget karena di apato kan sepi, ga ada anak main, dan emang uda terbiasa dulu di Indonesia banyak teman jadi dia seneng sekolah :D. Sensei nya bilang “Rafan kawaii” apalagi klo lagi pake topi pilot pororo hihi. Trus pas cerita kita di Jepang sampai 4,5 tahun ke depan lalu balik ke Indonesia, sensei sedih hihihi..

Hasil Karya Kelas Sebelah

Karena kelas Rafan kelas paling piyik, hasil karya kelas sebelah keren keren banget..anatara murid nya sama gurunya yg kreatif kumpulan hasil karya anak-anaknya dibikin jadi sesuatu yg lebih lucu lagiii ^^

Jadi Bajak Laut hohoho lengkap sama aksesoris peta, teropong, dan topi nya :D

Jadi Bajak Laut hohoho lengkap sama aksesoris peta, teropong, dan topi nya 😀

Kelas ini lantai dan sebagian jendelanya ditutup layar biru..lalu di lantainya ada perahu2 kecil hasil karya anak2 di kelas ini (tp ga sempet kefoto perahu kecilnya). Di tengah-tengahh kelas ada kapal besar ini bisa untuk foto-foto gantian..antri yaa 😀

Autumn :)

Autumn 🙂

Saljuuuu

Saljuuuu

10847923_10152588035984426_6315097561024315185_n

Ulat besarr

 

Klo ini dalam 1 kelas ada background musim gugur dengan daun kering asli berjatuhan, kotak jendela saljuu & ulat besarr yg di bagian atas&bawahnya warna-warni ada nama-nama murid di kelas nya 🙂

Klo gambar kelas Rafan cuma muka, kelas yang lebih besar gambarnya full sampe badan :D

Klo gambar kelas Rafan cuma muka, kelas yang lebih besar gambarnya full sampe badan 😀

 

Hikhik terharu deh hari ini di sekolah..di ceritain pinternya anak sama gurunya..langsung teringat kesalahan2 ku kalau lagi ga sabar sama Rafan hiXXX maafin bunda ya kak T_T. Betapa juga dia semangat sekolah walau ga ngerti temen & guru nya ngomong apa. Saya aja kadang sutris klo ga ngerti hehe..Tapi emang saya banyak diiklanin lwt cerita, ttg anak yg sekolah di Jepang yg ga ngerti bahasanya tapi tetep senyum aja, baik sama temennya & ikutin klo guru nya ngomong..lama2 jg ngerti :D. Ganbatte Rafan 😀 I LOVE YOU ❤