Perayaan Akhir Tahun di Jepang (2)

Dari hasil ngobrol2 saya dengan Sensei Nihongo (yg untungnya bisa bhs Inggris), sebenarnya orang Jepang lebih mengutamakan perayaan di Tahun Baru, seperti bikin kue moci & makan bersama keluarga di tgl 1 Jan, bersih2 rumah seblm tgl itu, dan utk yg masih muda jg heboh di luar rumah pas malam tahun baru nya.

Nah, kita kebagian nih ngeliat perayaan kue moci/rice cake party di TK Rafan :). Sayang nya saya ga motret 1 per 1 foto proses pembuatan moci yg dilakukan di halaman sekolah Rafan, krn hujan gerimis & dinginnn bgt ga sanggup lepas sarung tangan untuk megang gadget :S

Ini kelas Rafan, Shuzuran, sdg bersiap2 mau numbuk moci :)

Ini kelas Rafan, Shuzuran, sdg bersiap2 mau numbuk moci ๐Ÿ™‚

Note : Anak yg lg pegang pintu ini idola nya Rafan, hehe..nama nya & cerita nya paling pertama & sering disebutin klo plg sekolah, heheh..Namanya Duna-chan, anaknya emang keliatan lebih kecil & masih pake pospak (hehe ini yg bikin Rafan sering bgt cerita ttg duna-chan, anak cewe di sekolah yg masih pake popok soalnya masih kecil, heheehhe ๐Ÿ˜€

1 grup isi 3-4 orang, gantian numbuk moci :)

1 grup isi 3-4 orang, gantian numbuk moci ๐Ÿ™‚

Nah ini numbuk benerannya sampe 5x, dibantu sama ibu2 PTA

Nah ini numbuk benerannya sampe 5x, dibantu sama ibu2 PTA

Setelah semua anak kebagian menumbuk moci, saatnya anak2 menikmati hasil karya moci nya :). Sebelumnya, anak2 kelas besar sudah memasak/mengisi moci dgn beberapa isi/rasa. Lalu, anak kelas kecil tinggal duduk manis menunggu anak kelas besar membagikan moci2 yg mereka bikin ke anak kelas kecil..Hii..so sweet bgt ya ๐Ÿ™‚

P_20141216_120920

Anak kelas besar (pake apron & scarf di kepala) membagikan moci hasil bikinannya ke anak kelas kecil yg duduk manis di meja nya ๐Ÿ˜‰

 

Note : Ini selain krn kualitas camera yg standar, hehe, foto2nya ga banyak krn ga enak banyak2 motret, krn kabarnya di Jepang ini kan sangat menghargai privasi/apa ya istilahnya, hehe kok nge-blank. Ga kaya di Indo yg bisa asal jeprat jepret, trus di upload di sosmed. Sebaiknya sih memang minta izin dulu sama empunya muka kalau mau ditampilin ke web/sosmed lain , masalah nya saya ga bisa komunikasi sama mereka jadi susye deh..gpp ya mdh2an ga ketauan hehe bandel :o.

Waktu saya & teman2 les bahasa Jepang pergi ke pusat simulasi gempa di Yokohama, sensei nya aja sampe nanyain 1 per 1 orang yg ada mukanya difoto, boleh ga di publish di web gt ๐Ÿ™‚ huu terharu

 

Oh iya, para orangtua juga sempat nyobain moci nya. Jadi moci itu ternyata dari beras yg digoyang2, trus ditumbuk, sampe halus jd moci, baru deh dikasih rasa sesuai selera. Moci yg saya coba cuma dikasih nori & di celup ke kecap asin. Tapi walau sederhana, enakkk gurihh (apa laper, apa doyan :p). Sebelum makan, jgn lupa nanya dulu ke ortu yg bisa bhs Inggris ya. Asal dia bilang ga ada alkohol/dagingnya, bismillaah aja di makan ๐Ÿ™‚

Ini juga saya ajarin ke Rafan, dan pulang sekolah dia cerita klo dia nanya ke sensei nya pas dibagiin mochi : “Halal..halal?”/”Moci halal..” kata gurunya..Alhamdulillaah tambah pinter Rafan, terharu lagi ๐Ÿ™‚

 

 

Pertunjukkan Musik Tsuruma Youchien

(Late Post)

Latihan untuk Pertunjukan Musik

Di hari pertama Rafan daftar sekolah, sambil menunggu ayahnya mengurus pembayaran dll, Rafan langsung ikutan masuk ke kelas & kebetulan juga lagi ada latihan nyayi & musik untuk pertunjukkan minggu depan. Untung emang anaknya bakat manggung, jadi langsung mau aja ikut naik panggung, ngikutin sensei nya nari & ikut bunyiin kincringan yg dikasih utk dia ๐Ÿ™‚

Rafan, Maiko Sensei, Mio Sensei :)

Rafan, Maiko Sensei, Mio Sensei ๐Ÿ™‚

 

Pembagian kincringan, gendang mini & triangle hehehe

Pembagian kincringan, gendang mini & triangle hehehe

Dan ini video latihannya ๐Ÿ™‚ pertama kali ikut & langsung tampil..ganbatte rafan ๐Ÿ™‚ (ketauan ya kosakata bahasa jepang si penulis ini masih itu-itu aja hehhe)

https://www.facebook.com/mutiarafebryanimutsfamilyshop/media_set?set=vb.701548961&type=2

Yang ini sebelum latihan nyanyi, ikut2an masuk kelas bersama teman2 baruu ๐Ÿ˜€

Duduk di pojokan hihihi

Duduk di pojokan hihihi

P_20141114_104502

Hari Pertunjukanย 

Minggu depannya, tepat hari ke-5 Rafan sekolah, sejak pagi halaman parkir sekolah penuh dengan sepeda ๐Ÿ™‚ Beda ya klo di Indonesia penuh dgn motor, mobil, ojek hehe :p. Sebelum masuk ke lantai sekolah, para orangtuaย menukar sepatu luar dengan sepatu khusus dalam ruangan yg dibawa dari rumah. Haa.. baru tau saya! Untung saya disini kebiasaan bawa plastik, selain hemat plastik juga ada supermarket yg ngasih harga utk plastik kantong belanja kita ๐Ÿ˜ฎ keren ya..Karena hampir semua orangtua menaruh sepatu luarnya ke dalam plastik lalu masuk ke dalam tas, jadi parkiran sepatu (mungkin orangtua yg lupa bawa plastik) jg ga penuh&berantakan.

Sampai di aula pertunjukkan, sensei nya mempersilahkan saya duduk di depan lesehan sama ibu-ibu lainnya. Ternyata lesehan ini khusus untuk orangtua murid yg anaknya akan tampil. Setelah kelas playgroup selesai tampil, orangtua yg tadinya duduk lesehan di depan semua mundur ke belakang & bergantian dgn orangtua murid yg akan tampil selanjutnya. Waaa bagus jg ya ini jadi ga berebutan di depan cari spot yg bagus untuk motret.

Untuk yang bawa tripod, dipersilahkan duduk di belakang lesehan tapi di deretan paling depan orangtua yg tampil. Sepertinya ini jg duduknya bergantian untuk orangtua yg anaknya akan tampil.

Nah ini foto-foto penampilannya. video nya belum sempat di upload di youtube/facebook, takut jg jadi masalah soalnya ga boleh sembarangan motret/publish foto orang lain tanpa izin kan..Nah bingung juga minta izinnya wong ga bisa ngomongnya hoho..Tapi klo yg video latihan udah terlanjur di upload di facebook, biara aja deh ๐Ÿ˜ก

P_20141121_113432

Ini pas penutupan yg kelas besar di panggung, lainnya di tempat yg tadinya untuk duduk lesehan orangtua..mau nyanyi bareng2 kok si Rafan begaya begini xx

P_20141121_111423

Lagi baris sebelum tampil..gaya andalan :s

P_20141121_111300

Gantengnyah pake jass heheh

P_20141121_102847

Sebelum manggung..mukanya sumringah ngeliat bundanya ada di deretan lesehan hihihi ๐Ÿ˜€

P_20141121_102829

Muka cemas bengong nyari bundanya mana ya ๐Ÿ˜€

 

Workshop Exhibition Tsuruma Youchien

Pagi ini semua orang tua Tsuruma Youchien atau TK Tsuruma diundang untuk lihat hasil karya anak-anaknya. Hua…bagus-bagus banget hasil karya anakku & anak-anak lainyaa hikk jadi terharu ๐Ÿ˜€

Gambar Muka

Lucuuu bangett :D

Lucuuu bangett ๐Ÿ˜€

Ini dipajang di depan kelas nya..lucu banget & kok bisa mirip sama wajah2nya sih :)

Ini dipajang di depan kelas nya..lucu banget & kok bisa mirip sama wajah2nya sih ๐Ÿ™‚

Menulis Huruf Hiragana

10450584_10152588035729426_5069625362059282650_n

R untuk RAFAN mungkin ๐Ÿ™‚

 


Membuat Kueย 

10696205_10152588036759426_16727502450474593_n

Rafan bisa ngenalin yg mana yg punya dia..Entah uda apal namanya dlm katakana / apal sama hasil kreasinya sendiri ๐Ÿ™‚

 

10406700_10152588036859426_8477942128341597074_n

Kata Rafan : cara bikinnnya pertama pake karton (emang keliatan ini dalemnya karton/dus tetrapak ) trus ditempelin lem..trus ditempelin kue nya..trus dikumpulin jadi deh ๐Ÿ˜€

 

Kalender 2015

Pas main ke kelas sebelah, teryata sama juga semua bikin kalender..tp klo kelas playgroup tinggal nempel bentuk sapi..klo kelas lain sapi nya ada yg dibikin dari benang wol, lebih sulit :). Kenapa sapi ya, apa tahun depan tahun sapi eh domba ? ๐Ÿ˜‰ belum tau saya

10349970_10152588035664426_8750166800929427475_n

Hasil Karya Harian

Yang ini karena Rafan anak baru (baru 1 bulan sekolah) jadi baru dapet 1 karya..Kalau teman-temannya uda banyak karya nya.. ๐Ÿ™‚

1725083_10152588036679426_3209181887360068200_n

Seru nya juga, karena Rafan sudah mulai hafal beberapa nama temannya (Dunna chan, Yuyu kun, Natsuki kun, Otta kun..hihi baru itu aja yang dia sering sebut), sama sensei nya ditunjukkin foto2 temannya yg disebut tadi..karena kebetulan belum datang teman-temannya yg disebut itu..

Senseinya bilang Rafan banyak temannya, banyak bicara bahasa Jepang seperti : “dame, kawaii, arigatou, do itashimashite, gomenasai, daijobu, itadakimasu” hixx pinternya anakku. Kalau makan kadang lama, tapi tetap mau makan sendiri & uda berapa minggu ini juga makannya selalu habis ๐Ÿ™‚ Alhamdulillaah..Juga sekarang sudah bisa ke toilet sendiri, tapi tetap izin ke guru nya “Maiko/Mio sensei, oshikko (pipis)”. Dan sebelum pulang emang sempet nyuruh Rafan pipis sekaligus pengen lihat gimana cara dia pipis di sekolah..SUGOI rafan!!!:D ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Lucunya juga, ga hanya Rafan yg belajar bahasa Jepang, tapi sensei nya jg jadi hafal bhs Indonesia, hehe..Sensei nyebut & sambil meragain arti kata yg Rafan suka sebut, lalu saya nebak dlm bahasa Jepang/Inggris, semampunya ๐Ÿ˜€ : “Tas” / “Baggu, Kaban” , “Topi”/”Hat”/”Boschi”, “Jas”/”Blazer”, “Jaket”/”Jaketo”..nah trus sensei mikir agak lama..mmm..saya lumayan gampang nebaknya krn yg disebut ini kan perlengkapan yg nempel sama badannya Rafan setiap hari : “SELENDANG??”/” Aa…haik haik selendang..??/ “Scarf” :D. Heheh gatau ini perasaan kita selalu bilangnya “syal” tapi Rafan seringnya bilang selendang..hehhe…Jadi sejak pulang dari workshop hari ini, Rafan mulai diajarin utk nyebut nama barang2nya dia dgn bhs inggris (yg sering dipake org Jepang / bhs jepang nya langsung — tergantung kemampuan pengajarnya di rmh :p hohoho

Sensei juga nanya apa Rafan seneng sekolah? iya seneng banget karena di apato kan sepi, ga ada anak main, dan emang uda terbiasa dulu di Indonesia banyak teman jadi dia seneng sekolah :D. Sensei nya bilang “Rafan kawaii” apalagi klo lagi pake topi pilot pororo hihi. Trus pas cerita kita di Jepang sampai 4,5 tahun ke depan lalu balik ke Indonesia, sensei sedih hihihi..

Hasil Karya Kelas Sebelah

Karena kelas Rafan kelas paling piyik, hasil karya kelas sebelah keren keren banget..anatara murid nya sama gurunya yg kreatif kumpulan hasil karya anak-anaknya dibikin jadi sesuatu yg lebih lucu lagiii ^^

Jadi Bajak Laut hohoho lengkap sama aksesoris peta, teropong, dan topi nya :D

Jadi Bajak Laut hohoho lengkap sama aksesoris peta, teropong, dan topi nya ๐Ÿ˜€

Kelas ini lantai dan sebagian jendelanya ditutup layar biru..lalu di lantainya ada perahu2 kecil hasil karya anak2 di kelas ini (tp ga sempet kefoto perahu kecilnya). Di tengah-tengahh kelas ada kapal besar ini bisa untuk foto-foto gantian..antri yaa ๐Ÿ˜€

Autumn :)

Autumn ๐Ÿ™‚

Saljuuuu

Saljuuuu

10847923_10152588035984426_6315097561024315185_n

Ulat besarr

 

Klo ini dalam 1 kelas ada background musim gugur dengan daun kering asli berjatuhan, kotak jendela saljuu & ulat besarr yg di bagian atas&bawahnya warna-warni ada nama-nama murid di kelas nya ๐Ÿ™‚

Klo gambar kelas Rafan cuma muka, kelas yang lebih besar gambarnya full sampe badan :D

Klo gambar kelas Rafan cuma muka, kelas yang lebih besar gambarnya full sampe badan ๐Ÿ˜€

 

Hikhik terharu deh hari ini di sekolah..di ceritain pinternya anak sama gurunya..langsung teringat kesalahan2 ku kalau lagi ga sabar sama Rafan hiXXX maafin bunda ya kak T_T. Betapa juga dia semangat sekolah walau ga ngerti temen & guru nya ngomong apa. Saya aja kadang sutris klo ga ngerti hehe..Tapi emang saya banyak diiklanin lwt cerita, ttg anak yg sekolah di Jepang yg ga ngerti bahasanya tapi tetep senyum aja, baik sama temennya & ikutin klo guru nya ngomong..lama2 jg ngerti :D. Ganbatte Rafan ๐Ÿ˜€ I LOVE YOU โค