Welcome summer holiday

Ditulis saat liburan :

Yeay Alhamdulillah mekar juga bunga asagao nya rafan 🙂
Ini salah 1 PR musim panas : bawa pulang tanaman yang uda dlm kondisi memprihatinkan haha krn kering kepanasan&tukang kebun nya (rafan) suka lupa nyiramin haha (liat surat cinta nya rafan yang ditulis di sekolah:maaf ya bunga suka lupa disiram T_T
.
Yang lebih nervous pas tau bunga hrs dibawa pulang DAN setelah libur 40harian, harus dibawa ke sekolah lagi, tentu saja emaknya!hehe.
Walau dari kecil suka disuruh nyiram tanaman, tapi ga pernah segitu beratnya tugas menghijaukan lagi tanaman yang uda mau mati heu. Jaman SMP juga disuruh nyetek klo ga salah, tapi ya beli aja ama tukang taneman!(bandel heu).
.
Juga malu sama ibu2 Jepang yg uda pasti lebih telaten, hik!keliatan juga klo yg anak2 cewe, tanemannya masih mayan seger hehehe. Yg anak2 cowo pada layu haha. Setelah konsul ama pakar tanaman hehe nenek @sitifatimah1501 mulailah disiram pagi-sore sebanyak 1 botol aqua, yg emang uda disedian di potnya. Ga lama sih uda menghijau lagi, dan ingat kata nenek yg kuning2 mau layu di petik aja, taro di tanah biar jadi pupuk kali. Alhamd ga lama hijau lagi&ini stelah 2 minggu tumbuh bunga lagi. yo super excited!!
.
Ternyata tahan banting jg ya asagao ini, awal Juli di sekolah uda sempet berbunga, trus hampir mati&sekarang tumbuh lagi!
Ga lupa, tiap nyiram kita bilang : asagao, tumbuh lagi ya yang banyak bunga nya 🙂
.
Dari sekolah uda disedian catatan pertumbuhan bunga. Tiap ada yang tumbuh, bunga nya diwarnai+tanggal+bulan kapan tumbuhnya. Salah 1 bunga juga diminta di taruh di freezer. Ribet emang, tp luar biasa cara orang Jepang menanamkan cinta tumbuhan sejak kecil
.
Selain merawat bunga, ada segambreng PR lainnya. *Diary harian:hal yg paling diingat di hari itu, pencapaian target harian (utk rafan:solat&belajar bahasa indonesia)
*sedikit matematika&hiragana
*karangan lain2 yang saya juga belum ngerti instruksinya heu nunggu bantuan temen
* Dan projek bebas, yg nantinya akan dipamerin di acara sekolah. Deg!nervous lagi emak T_T. Ngikutin minatnya rafan, kita mau bikin monas&tokyo skytree, dari kardus bekas& fun fact ttg indonesia vs jepang
.

Ditulis setelah liburan :
Lanjutan cerita ttg tugas liburan musim panas Rafan
.
Dari PR musim panas sbb :
1. Matematika, masih di penambahan/pengurangan 1-10 saja.
.
2. Menulis Hiragana.
.
3. Menulis diary : *Hal paling menarik hari ini
*Cuaca hari ini
*Target harian. untuk Rafan : berdoa(termasuk sholat)&belajar pelajaran Indonesia(termasuk hafalan,hijaiyah)
*Pencapaian target harian
*Menulis tentang (boleh beserta foto) hal yang paling menyenangkan selama liburan.
Rafan : naik mini coaster pertama kali
*Pencapaian target besar selama liburan
Rafan : Baca 20 buku, Latihan renang&judo tiap minggu
*Menulis ttg hal menarik yg ditemui saat liburan, misal : ketemu serangga, kerang di laut, dll.
Rafan : ketemu bebek :s
.
4. Menulis diary bunga asagao :
*Dari sheet bergambar asagao yg sudah disediakan, setiap ada bunga yg tumbuh, dicatat tanggal, bulan&diwarnai bunga nya. Kebetulan bunga Rafan kadang ungu, kadang biru. *Menggambar asagao & menuliskan karangan tentangnya.
Rafan : takjub saat suatu hari tumbuh 7 bunga sekaligus dalam sehari.
.
5. Mencatat judul buku yang sudah dibaca selama liburan (disediakan 20 kolom)
.
6. Project bebas.
Rafan : fun fact indonesia vs jepang & miniatur sederhana monas vs tokyo skytree
.
7. Hal yang sepele tapi penting banget : rule dalam bermain game/socmed.Walau sempat bingung jawabnya krn Rafan main game dr hp ayah aja&jarang. Socmed blm ngerti.Tapi ga dipungkiri jaman sekarang mungkin ada anak kelas 1 SD yang udah dibolehin main. Kalaupun ga ada, bagus bgt jg sebagai preventive. Jadi saat ortu membolehkan,anak uda tau aturannya
.
Saya lihat anak Jepang masih lebih ‘alami’ krn banyak taman bermain dekat rumah&SD nya luas banget buat lari.
.
Yg paling menarik cara bikin anak senang dgn tanaman, dr mulai merawat, mencatat kapan bunga tumbuh, membuat karangan&gambar, juga menyimpan salah 1 bunga di freezer.
.
Juga kalau dilihat ada diary, target harian, target bulanan. Aww complicated!klo saya baru ngalamin itu pas kerja haha tp disini barang anak TK jg identifikasi nya udah jelas, sampe tutup spidol,underwear, popok,sepatu jg ga lewat dinamain.Di pabrik dulu perasaan susye bener wkwk
.
#sekolahdijepang#pengalamandijepang#japaneseschool#jalanjalanjepang#jepang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s